Advetorial : Generasi Muda Dimotivasi Semangat Berinternet Sehat dan Literasi Digital

Kadis Kominfo Kabupaten Belu, Johanes Andes Prihatin

Belu

, Pelopor9.com - Generasi muda khususnya kalangan pelajar dimotivasi semangat berinternet sehat dan literasi digital. Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Belu mensosialisasikan Internet Sehat dan Literasi Digital kepada kalangan pelajar untuk menggunakan internet dan media sosial secara baik dan bertanggungjawab.

 

Dunia informatika dan komunikasi cukup berkembang pesat saat ini. Publik menyebut dengan istilah Dunia Maya. Dunia maya memang mempengaruhi cara berpikir dan bertindak generasi saat ini. Terkadang, dunia maya salah dimanfaatkan dan punya dampak kepada kehidupan manusia terutama generasi muda, dan kaum pelajar pada khususnya.

 

Pemerintah Kabupaten Belu (Pemkab) Belu melalui Dinas Kominfo merasa terpanggil untuk menciptakan generasi sadar bermedia sosial dan bertanggungjawab sehingga menggelar kegiatan sosialisasi internet sehat dan literasi digital. Kegiatan sosialisasi itu diselenggarakan di aula SMA Taruna Mandiri Fatubenao, Rabu (28/9/20).

 

Hadir dalam kegiatan sosialisasi di antaranya, Kepala Bidang Hubungan Media dan Sumber Daya Dinas Kominfo Kabupaten Belu, Dominikus Mali, Kepala Seksi Layanan Hubungan Media, Maria Gradiana Lau, Kepala Seksi Tata Kelola E-Goverment, Nursan Abdul Gani dan jajaran tenaga pendidik dan kependidikan, serta siswa-siswi SMA Taruna Fatubenao.

 

Kadis Kominfo Kabupaten Belu, Johanes Andes Prihatin dalam sambutannya mengatakan  kegiatan sosialisasi Internet Sehat dan Literasi Digital sebagai salah satu program Dinas Kominfo yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2018. “Di tahun 2020, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di SMA Taruna Mandiri Fatubenao dan akan dilanjutkan di sekolah-sekolah untuk tahun-tahun mendatang,” kata Kadis Johanes.

 

Dijelaskan, tujuan sosialisasi tersebut di antaranya memberikan pemahaman kepada peserta didik untuk menggunakan internet dan media sosial yang baik dan bertanggung Jawab. Tujuan ini sejalan dengan tema kegiatan, membangun generasi muda sadar bermedia sosial, berinternet cerdas, kreatif, produktif dan bertanggungjawab.

 

Diharapkan, peserta dapat memiliki pengetahuan baru tentang rambu-rambu penggunaan internet yang belum diketahui sebelumnya untuk menggunakan sarana Infokom secara tepat di tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi.

 

Pada kesempatan yang sama, Aloysius Tubani selaku Guru SMA Taruna Mandiri Fatubenao mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kominfo Kabupaten Belu yang telah memberikan sosialisasi kepada siswa-siswi. Karena sosialisasi ini penting untuk mengingatkan para siswa agar tidak salah menggunakan internet di era modernisasi dengan perkembangan teknologi informasi yang kian pesat.

 

“Kiranya dengan adanya sosialisasi ini bisa membuka wawasan dan memberikan pencerahan bagi siswa-siswi kami dalam menggunakan media sosial yang cerdas dan bertanggung jawab, karena siswa-siswi merupakan generasi penerus bangsa. Pihak sekolah mengharapkan kiranya pencerahan seperti ini dilakukan secara terus-menerus,” pinta Aloysius.

 

Maria Destriana Bui Talo, salah seorang siswi SMA Taruna Mandiri Fatubenao menegaskan sosialisasi ini sangat penting. Maria sangat bangga karena baru pertama kali mengikuti sosialisasi penggunaan internet dan literasi digital.

 

Atas kebanggaan ini, Maria merasa termotivasi untuk semangat berinternet secara baik dan bertanggungjawab dan akan melanjutkan pengetahuan yang diperoleh kepada teman-teman untuk mendukung kegiatan belajarnya baik di sekolah maupun di rumah. *

 

(Layanan publikasi ini diterbitkan atas kerjasama Pelopor9.com dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belu).