Wali Kota Jeriko: Kota Maju Kalau Pemuda Kreatif

Pdt. Yandi Manobe, S.Th Kiri), Wali kota Kupang, Jefirstson R. Riwu Kore (Tengah), Sekda Kota Kupang, Fahrensy P. Funay, (kanan), Foto, PKP

Kupang, Pelopor9.com - Kemajuan kota Kupang terletak pada semua keterlibatan semua pihak. Terutama Pemuda Pemudi yang memiliki kretifitas.

 

“Kita tidak akan maju kalau kita tidak mempersiapkan adik-adik pemuda kita untuk menjadi pemuda yang tangguh dan memiliki kreatifitas yang berguna bagi bangsa ini,”kata wali kota Jefirstson R Riwu Kore atau Jeriko saat membuka Kemah Kerja Pemuda melalui aplikasi zoom meeting, Senin (12/10) di Aula Garuda Kantor Wali Kota Kupang.

 

Dikatakan Jeriko, Pemkot menyadari peran penting kaum muda dalam seluruh proses pembangunan, sehingga perlu peningkatan kualitas sumber daya manusia kaum muda lewat berbagai kegiatan.

 

Dia berharap pemuda Kristen memiliki kepekaan terhadap isu-isu aktual dan global, termasuk pandemi Covid-19.

 

Mengingat anak muda merupakan kelompok yang dinamis, sehingga kepedulian pemuda terhadap ancaman nyata Covid diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam memutus mata rantai Virus Corona.

 

Sementara, Pendeta Yandi Manobe, S.Th, dalam khotbah pembukanya, menyoroti pemuda dan pemudi kristen tidak hanya merupakan masa depan gereja namun juga berperan bagi masa kini gereja dan bangsa.

 

Untuk itu, para muda mudi kristen harus sadar diri dengan meningkatkan ibadah sebagai hal penting dalam hidup agar langkah dalam meraih masa depan terus terarah sesuai tuntunan Firman TUHAN.

 

Dia berpesan agar pemuda-pemudi memprioritaskan hal-hal yang lebih penting agar tidak terjerumus dalam tindakan negatif yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

 

Selain itu, pentingnya menghargai perbedaan dalam kehidupan sebagai salah satu sifat Kristus yaitu kasih.

 

Pada kesempatan yang berbeda, Pelaksana Tugas Kabag Kesra, Ivan L. Mila Meha, menjelaskan masyarakat saat ini diperhadapkan dengan berbagai jenis permasalahan hidup sebagai akibat pengaruh IPTEK dalam era globalisasi.

 

Seringkali pengaruh tersebut dapat membawa pemuda/pemudi Kristen kehilangan nilai-nilai moral dan kreativitas, bahkan dapat menghancurkan nilai-nilai dan iman Kekristenan di tengah kehidupan bermasyarakat.

 

Kegiatan dilakukan Pemerintah Kota Kupang melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Kesra Setda) Kota Kupang dalam rangka peningkatan kapasitas iman bagi pemuda-pemudi Kristen di Kota Kupang. Kegiatan berlangsung sejak, 12 sampai dengan 14 Oktober 2020.

 

Kegiatan diawali dengan ibadah pembukaan yang dipimpin oleh Pdt. Yandi Manobe, S.Th., dari Gereja GMIT Agape Kupang.

 

Materi tentang kebijakan Pemkot Kupang di bidang kepemudaan yang dibawakan oleh Plt. Asisten 1 Sekda, Yanuar Dally, S.H., M.Si.

 

Turut hadir Sekda Kota Kupang, Fahrensy P. Funay, S.E., M.Si., Plt. Asisten Pemerintahan (Asisten 1), Yanuar Dally, S.H., M.Si., Plt. Asisten Adminstrasi Umum (Asisten 3), Thomas D. Dagang, S.Sos., M.Si.,

 

Hadir, Kasubbag Bina Mental Spiritual Bagian Kesra Setda Kota Kupang, Ivan L. Mila Meha, S.STP., M.M.

 

Kegiatan KKP melibatkan sebanyak 100 orang pemuda-pemudi lintas 3 Klasis antara lain Klasis Kota Kupang, Klasis Kota Kupang Timur dan Klasis Kota Kupang Barat. (R-1/PKP)