Bupati Sebut Peserta Festival Kelabba Madja akan Nginap di Rumah Warga

Nikodemus Rihi Heke (Kanan)

Menia, Pelopor9.com - Festival Jelajah Pesona Kelabba Madja di Kabupaten Sabu Raijua, digelar pada tanggal 9 -12 September 2019. Tamu dari laur Pulau Sabu Raijua dipastikan akan membludak. Pemerintah menyebutkan para peserta dipastikan akan nginap di rumah-rumah warga, terkecuali pejabat dari Kementerian dan propinsi yang akan menginap di Hotel dan Penginapan.

 

“Peserta Festifal akan tidur di rumah-rumah warga yang ada, Dinas Pariwisata sedang berkordinasi dengan warga, karena pasti peserta banyak yang mau nginap bersama warga disekitar lokasi. Tapi untuk tamu dari Kementerian dan juga pejabat dari Propinsi pasti di hotel dan penginapan yang ada,”kata Bupati Sabu Raijua, Nikodemus Rihi Heke, di ruang kerjanya, Senin (19/8/19) lalu.

 

Dikatakannya, sejumlah persiapan telah dilakukan dan rapat-rapat evaluasi. Demikian dengan Rundown acara sudah dipaparkan pihak Event organizer (EO), sehingga semua tahapan dan jadwal sudah diketahui dan akan disebarkan. Agar peserta bisa mengetahui jadwal dari hari pertama sampai hari terakhir pelaksanaan.

 

“Rundown acara sudah disampaikan oleh EO dan saya sudah sampaikan kepada semua OPD yang mendapatkan tugas agar mempersiapaknnya secara maksimal, baik persiapan mobil penjemputan tamu dari Dinas Perhubungan, yang berhubungan dengan P3K dari Dinas Kesehatan dan seterusnya, sesuai dengan tugas dan tanggungjawab selama kegiatan,”ujarnya.

 

Dirinya memastikan, peserta yang akan hadir dalam kegiatan festival Jelajah Kelabba Madja dari berbagai daerah. Transporatsi yang akan dipakai menuju ke Sabu Raijua adalah laut dan udara. Khusus untuk udara hanya Susi Air dengan kapsitas terbatas. Tetapi untuk transportasi laut banyak alternative dan cuaca bersahabat.

 

“Peseerta yang datang, ada yang dengan peswat dan ada yang dengan kapal laut. Pesawat pasti terbatas tetapi untuk kapal laut banyak alternative. Cuca juga sangat bersahabat pada bulan September,”Pungkasnya  

 

Sementara, Manager Acara, EO Britgo Inditama, Ryan Ngongo, menjelaskan tentang rundown kegiatan selama 4 hari (9-12). Tanggal 9 di dua lokasi yakni Komplek Megalitik Namata dan Pantai Napae, hari kedua di Pantai Kepo dan Pantai Raeme. Sementara hari ketiga yakni di Gua Mabala, kampung adat Kudji Ratu dan pantai Nyiwudu.

 

“Hari terakhir di lokasi Objek Wisata Kelabba Madja yakni penutupan dan malam hiburan, di dalamnya termasuk tarian Pedoa 500 orang , penampilan artis dan band. Dan masih banyak lagi kegiatan pada malam hiburan nanti. Intinya setiap lokasi yang dikunjungi punya acara masing-masing yang akan disuguhkan kepada para pengunjung,”ujarnya. (R-2/Fwd).