395 Orang Ikut Seleksi PPPK Formasi Guru di Sabu Raijua   

Suasana pelaksanaan Seleksi PPPK di SMA Negeri 1 Sabu Barat. Foto: Istimewa

Menia, Pelopor9.com – Sebanyak 395 orang, mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah denngan Perjanjian Kerja (PPPK) di Sabu Raijua. Diselenggarakan selama 5 hari kerja (13-17/), dipantau langsung oleh petugas dari Direktortat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK)  Kemendikbud dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) NTT.

 

Demikian disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan (BKDPP) Sabu Raijua, Markus Lodo, yang dikonfirmasi oleh media ini melalui pesan WhatsApp, Senin (13/9/21).

 

Dikatakannya, seleksi PPPK di Sabu Raijua dibagi dalam 2 lokasi yakni di SMA N 1 Sabu Barat dan SMK N 1 Sabu Barat, setiap hari terbagi dalam 2 sesi. Masing-masing sesi sebanyak 25 peserta atau 100 orang setiap hari.

 

“Semua ada 395 orang. Lokasi Di SMKN 1 dan SMAN 1 Sabu Barat. Tiap hari 100 peserta yang di bagi dalam 2 sesi per sekolah. Artinya di SMKN 2 sesi 50 orang dan SMAN 2 sesi 50 orang. Tiap sesi 25 orang”tulisnya

 

Ditambahkannya, seleksi PPPK di Sabu Raijua, untuk mengisi formasi guru yang terdaftardalam Dapodik Kemendikbud. Daerah, hanya membantu mengumumkan. Sedangkan pendaftaran sampai seleksi diatur oleh Kemendikbud.

 

“Kegiatan dipantau langsung oleh petugas dari Dirjen GTK Kemendikbud dan LPMP NTT. Daerah, hanya membantu mengumumkan saja, sedangkan pendaftaran sampai seleksi diatur oleh Kemendikbud. Tapi kita tetap backup petugas dari BKDPP” ujra Plt Asisten 1 Sabu Raijua ini.

 

Dia juga menjelaskan, untuk pasing grade PPPK berbeda dengan pelamar CPNS. Serta tidak ada Seleksi Komptensi Dasar (SKD) dan Seleksi Komptensi Bidang (SKB) untuk PPPK. Tetapi seleksi Komptensi yang terdiri dari Seleksi Komptensi Teknis, Manajerial, Sosial Kultural dan Wawancara.

 

“Untuk bisa lolos seleksi PPPK, harus bisa melewati standar minimal atau ambang batass (passing grade) supaya bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya dan untuk Sabu Raijua butuh 180 orang guru dari PKKK”tulisnya lagi.

 

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Sabu Raijua, Rachel Bilik Tallo, yang dikonfirmasi terkait hal yang sama, dirinya membenarkan bahwa, seleksi PKKK Suntuk Sabu Raijua dimulai hari ini.

 

“Ya betul ama”jawabnya singkat melalui pesan WA kepada media ini. (R-2)