Pemerintah Desa Jiwuwu Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas bagi BPD   

Salah Seroang Narasumber sedang memberikam materi dalam Bimtek Peningkatan Kapsitas BPD Desa Jiwuwu

 

Menia, Pelopor9.com – Badan Perwakilan Desa (BPD) Desa Jiwuwu Kecamatan Sabu Tengah, Kabupaten Sabu Raijua, mendapatkan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Pemerintah Desa. Sebagai pengawas pemerintah desa, BPD harus dibekali dengan pengetahuan yang memadai, soal tugas dan fungsi dalam menjalankan tugasnya di desa.

 

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Desa Jiwuwu, Reni Anita Paga dalam laopran panitia yang diselenggarakan di Aula Kantor Desa Jiwuwu, Sabtu (25/9/21).

 

Dalam laporannya juga menyebutkan, pemerintah desa merupakan aparat pemerintah tingkat paling dasar yang mempunyai tugas untuk melayani masyarakat. Dianggap aparat pemerintah akar rumput, karena dalam keseharian mereka selalu bertemu masyarakat.

 

“Keberhasilan kinerja aparat desa akan berdampak pada keberhasilan program Pemerintah Desa, Pemerintah Daerah dan bahkan Pemerintah Pusat. Karena itu Aparatur Desa perlu memiliki kapasitas yang memadai sehingga mampu mengayomi masayarakat Desa ke arah yang lebih baik”katanya lagi.

 

Ditambahkannya, sebagai pengawas pemerintah desa, BPD juga mempunyai tugas dan tanggung jawab yang berat. BPD juga harus dibekali dengan pengetahuan yang memadai soal tugas dan fungsinya sehingga menjalankan tugas nya dengan baik.

 

Untuk diketahui, Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber, Kepala Inspektorat Sabu Raijua Ferdy J. Malelak, dengan materi Pengawas Pengelolaan Keuangan Desa (Permendagri 73 Tahun 2020). Kabid Sumber Daya TTG Dinas PMD Sabu Raijua, Theofilus E. Wetangperah dengan materi Peran  BPD Dalam Penyusunan Peraturan Desa.

 

Sementara, Aprianus  Lao Bani dari P3MD dengan materi Penyusunan RKP Desa Berbasis Indeks Desa Membangun (IDM) dan SDGs Desa. (R-2/tim).