Kapal Australia Tanpa Awak Ditemukan di Ujung Barat Perairan Raijua   

Kondisi bagian dalam kapal yang berantakan saat ditemukan oleh Kapospol Raijua, Foto: Istimewa

 

Menia, Pelopor9.com - Kapal DV. Dikenga tanpa awak, yang diketahui milik Mr. Keren Taylor asal Australia, yang selama ini tinggal di Rote Barat Desa Nemberala. Ditemukan di Perairan Raijua, Kabupaten Sabu Raijua, Rabu (29/9/21).

 

Informasi awal tentang keberadan kapal tersebut, diterima oleh Kepala BPBD Sabu Raijua, Javid Ndu Ufi dari Kepala BPBD Rote Ndao jess Nalle bahwa, sekitar hari Selasa 24 September 2021.

 

Kapal sv Dikenga berlayar dari Kupang NTT menuju Australia, degan Kaptan Kapal Kieren Taylor dan satu orang penumpang Greg Johan Scholten.

 

“Saat  di laut Timor cordinate 12 23.51S 124 14.27E, terkena badai sehingga mesin mati, ombak besar dan angin keras. Terapung apung selama 5 hari hidup Irperb. Ada kapal German cargo nama Jannes, selanjutnya seluruh penumpang ikut kapal tsb dan saat ini berada di Darwin” kata Javid, melanjutkan Wa dari Kepala BPBD Rote kepada media ini, Rabu malam (29/9/21).

 

Setelah mendapatkan infomasi tersebut katanya, 30 menit kemudian dirinya menghubungi Kapospol Raijua, Bripka Lifron Ratu minta bantuan untuk monitor Kapal Australia tanpa ABK sesuai info dari BPBD Rote Ndao.

 

“Sesuai catatan satelit, posisi kapal sekarang di Raijua jadi  Pak kapospol menuju pelabuhan. Langsung lihat ada kapal ,sehingga beliau cari perahu Raijua untuk kejar kapal yang melaju terbawa arus dan gelombang, menuju pulau Dana”tulisnya

 

Dari hasil pengejaran tersebut menurutnya, membuhkan hasil yakni ditarik bawa ke pelabuhan Namo Raijua dan di amankan dengan menugaskan 2 orang untuk jaga diatas kapal.

 

“Besok pagi, Mr.David dan Pak Joel yang dipercayakan pemilik kapal tiba di seba, kami akan sama-sama ke Raijua dengan menggunakan kapal Pulau dana 2 untuk ditarik ke Pelabuhan Seba untuk diperbaiki dan kembali ke Rote”tulisnya lagi.

 

Dietgaskan Javid, penanggungjawab yang akan datang untuk membawa kapal dari Raijua, harus menunjukan dokumen kapal dan apabila dokemennya sesuai dengan apa yang disampaikan Kepala BPBD Rote maka akan ditindak lanjut.

“Besok mereka datang, harus tunjukan dokumen kapal baru bisa kita lanjutkan”katanya.

 

Sementara Kepala BPBD Rote Ndao, Jess Nalle melalui pesan WA, menyampaikan terimaksih kepadanya sebagai Kepala BPBD Sabu Raijua, Kapospol Raijua dan semua pihak yang telah membantu menyelamatkan perahu tersebut.

 

“Trima kasih jg sdh menginvertarisir smua perabot n peralatan Kapal ..kami dgn sangat mohon agar Bpk KALAK  bersama2 Bpk KAPOSPOL MENJAGA Kapal ini sampai kami menjemput dari Rote, rencana bsk sdh ada yg ke SARAI”tulis Kepala BPBD Rote yang diterus olelh Javid Ndu Ufi ke media ini.

Sementara Kapospol Raijua, Bripka Lifron Ratu dalam video singkat saat berada dalam kapal, menjelaskan bahwa, kondisi dalam kapal sudah berantakan dan kapal sudah berada di sebelah barat ujung Raijua.

 

“Saat kita temukan kapal, kondisi dalam kapal sudah tahambur sperti ini. Dan Kapal sudah samapai di mercusuar (ujung barat Raijua”ujarnya.

(R-2).