Hasil MUNAS ASPEKSINDO Belitung, Mantan Menteri Kelautan Kunjungi Teluk Maubesi dan Abudenok   

 

Malaka, Pelopor9.com - Musyawarah Nasional (MUNAS) II Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) berbuah hasil. Janji mantan Menteri Kelautan RI, Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS berkunjung ke Kabupaten Malaka ditepati. Profesor Rokhmin akan berkunjung ke Malaka dan meninjau dua teluk masing-masing Maubesi dan Abudenok.

 

Bersama tim, Profesor Rokhmin selaku penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan saat ini dijadwalkan akan berkunjung ke Malaka, awal November mendatang. Kunjungan itu dilakukan dalam rangka meninjau beberapa lokasi wisata dan mengeksplore potensi kelautan dan perikanan di daerah kabupaten yang berbatasan dengan dua negara Timor Leste, batas darat dan Australia, batas laut. Kedatangan Profesor Rokhmin ke Malaka sebagai tindak lanjut atas poin-poin kesepakatan bersama Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH, MH dalam MUNAS ASPEKSINDO di Kabupaten Belitung Provinsi Bangka Belitung, awal Oktober lalu.

 

Itulah sebabnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka menggelar rapat koordinasi forum group discussion (FGD) dengan tema Pembangunan Kabupaten Malaka sebagai daerah perbatasan, daerah kepulauan dan  pesisir yang berlangsung di ruang rapat Bupati Malaka, Senin (18/10/21).

 

Bupati Simon dalam FGD tersebut menjelaskan kondisi yang dihadapi Pemkab Malaka dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang kelautan dan perikanan. Kunjungan Profesor Rokhmin memberi nilai positif karena ada masukan dan peninjauan secara langsung potensi kelautan dan perikanan di Kabupaten Malaka.

 

Bupati Simon juga meminta agar para peserta FGD mendiskusikan hal-hal tertentu yang menjadi kendala untuk dicarikan solusi dalam pembangunan. "Intinya kita cari jalan yang terbaik untuk melayani masyarakat. Segala cara akan kita tempuh untuk kepentingan dan kebutuhan masyarakat, asalkan sesuai dengan aturan atau regulasinya," kata Bupati Malaka.

 

Berkaitan dengan lokasi yang akan menjadi tempat kunjungan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Bupati Simon menyebut dua lokasi yang akan dilihat secara langsung masing-masing Teluk Abudenok di Desa Umatoos, Malaka Barat dan Teluk Maubesi di Desa Kletek, Malaka Tengah. "Kita akan bawa Profesor Rokhmin ke dua lokasi itu untuk melihat secara dekat sekalian survei. Apakah potensi untuk budidaya ikan, perikanan tangkap, industri hasil pengolahan ikan, pariwisata bahari dan bioteknologi kelautan bisa dieksplore atau tidak. Tentunya ini melalui kajian secara tekhnis maupun akademis," jelas Bupati Simon.

 

Rapat koordinasi FGD untuk mendapat masukan-masukan dari peserta yang akan menjadi blue print dalam pertemuan berikutnya dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Malaka, Silvester Leto, SH, MH, Asisten Administrasi Umum, Drs. Yosep Parera, Remigius Asa ( Kaban BP4D), Vincent Kapu ( Kadis Pertanian), Ferdinandus Un (Kadis Perhubungan), Rofinus Bria ( Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan), Yohanes Nahak ( Kadis PUPR), Brinsyna Elfrida Klau ( Kadis Kominfo), Rofinus Bau ( Kadis Pariwisata), Aloysius Payong ( Kaban Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah), Yohanes Bernando Seran (Kaban Pengelola Perbatasan Daerah).