Cis Timor Bersama Mitra Bedah Pencapaian Program di Desa Motaulun   

Kegiatan CIS Timor bersama Mitra

 

Malaka, Pelopor9.com - Circle of Imagine Society (Cis) Timor bersama mitra kerja Oxfam Indonesia dan Jejaring Mitra Kemanusiaan (JMK) menggelar kegiatan refleksi implementasi dan perencanaan program tahunan di Desa Motaulun, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, yang merupakan Desa siaga bencana.

 

Kegiatan refleksi implementasi tersebut dimaksudkan untuk membedah dan melihat kembali pencapaian-pencapaian program yang sudah dilakukan di Desa Motaulun selama satu tahun melalui program tanggap darurat bencana badai siklon tropis Seroja yang terjadi beberapa waktu lalu.

 

"Tujuan kita untuk merefleksikan apa yang sudah diberikan oleh Cis dan seberapa puas masyarakat dalam hal ini tim siaga bencana dan Pemerintah Desa dan selama ini apakah berjalan dengan baik atau apa kekurangannya. Sehingga kalau ada kekurangan kita akan perbaiki di dua tahun terakhir dan apa yang baik kita pertahankan,"ujar Direktur Cis Timor Haris Ch. Oematan, Rabu (20/10/21).

 

Dikatakannya, ada tiga hal yang perlu dilakukan seperti memperkuat kapasitas Tim Siaga Bencana Desa terhadap perkembangan kegiatan manajemen internal untuk memastikan struktur dan dapat memahami peran serta rencana kerja seperti biasanya.

 

Berikutnya adalah bagaimana memperkuat Desa bagaimana mereka membangun hubungan kerjasama terkait dengan apapun dukungan yang akan dilakukan oleh Desa terhadap tim kampung siaga.

 

"Yang dimaksud dengan dukungan itu bagaimana kegiatan mereka ini bisa disupport dari Desa bagaimana mereka bisa bisa didukung oleh Pemerintah Desa untuk kegiatan mereka,"jelas Haris.

 

Berikutnya bagaimana dapat menghubungkan mereka dengan Pemerintah Desa dan Dinas Sosial yang ada Tagana serta BPBD. "Bagaimana mereka terhubung ke Tagana terhubung ke BPBD ataupun unit-unit lain,"ungkap Haris.

 

Haris juga menjelaskan bahwa keterlibatan tim siaga bencana Desa Motaulun didominasi oleh kaum perempuan sehingga ini juga bagian dari pemberdayaan kaum perempuan yang dapat berpartisipasi dalam membangun kesiapsiagaan, katanya.

 

Terkait dengan kehadiran Cis Timor di Desa Motaulun, Haris mengatakan ada beberapa hal positif yang dihasilkan selama kehadiran Cis Timor di Desa Motaulun.

 

Dimana dengan kehadiran Cis Timor Desa Motaulun telah memiliki data pilah dimana hal ini menjadi model di Desa dimana tim bisa mengetahui tentang data penyandang disabilitas di Desa. Berapa banyak lansia di Desa.

 

Berapa Kepala Keluarga yang suaminya ada di luar negeri. Berapa yang sudah dapat PKH dan BLT dan ini sangat membantu mereka dalam memilah data sehingga tepat sasaran.

 

Sudah ada tim siaga bencana Desa yang didominasi oleh kaum perempuan. Desa juga sudah memiliki kajian resiko serta rencana penanggulangan bencana, katanya lagi.

 

Hal yang sama disampaikan Mitra Kerja Cis Timor Perwakilan Oxfam Indonesia Panji Tresna bahwa kegiatan ini hanya untuk mau melihat apa-apa saja yang sudah dilakukan beberapa bulan kemarin.

 

"Kegiatan ini berlanjut selama tiga tahun. Kalau kegiatan hari ini kita hanya mau merefleksikan diri kira-kira apa yang perlu diperbaiki untuk dua tahun berikutnya,"ujar Panji.

 

Lanjut Panji, kegiatan ini juga bertujuan untuk penguatan kapasitas Tim Siaga Bencana Desa Motaulun. Selain itu juga nanti ada kegiatan yang berkaitan dengan mata pencaharian.

 

"Jadi teman-teman akan mempersiapkan demplot-demplot pertanian yang akan dijadikan sebagai contoh yang akan dikembangkan sendiri.

 

"Apabila terjadi bencana dimana mata pencaharian terganggu setidaknya bisa mandiri menyiapkan sumber pangan,"jelasnya.

 

Ia menambahkan kegiatan ini lebih fokus pada kegiatan kebencanaan sehingga mereka bisa tau bagaimana cara mengevakuasi warga serta berkoordinasi dengan desa dan BPBD.

 

"Kalau selama ini koordinasi dengan desa dan BPBD ada hambatan maka dengan kegiatan ini kita harapkan bisa menguatkan kapasitas pada Tim siaga Bencana Desa,"katanya.

 

Sementara itu Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka yang diwakili oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malaka Gabriel Seran dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas partisipasi dari Cis Timor dalam rangka memberikan pendampingan kepada Desa Motaulun sebagai Desa siaga bencana.

 

"Trimakasih untuk Cis Timor bersama dengan mitra kerja yang sudah melakukan pendampingan terhadap Desa Motaulun yang merupakan Desa siaga bencana,"ujar Gabriel Seran.

 

Kegiatan dihadiri oleh Pemerintah Desa Motaulun yakni Sekertaris Desa Motaulun, Edmundus Klau Dua bersama beberapa perangkat desa serta Tim Siaga Bencana Desa atau Community Organizer Desa Motaulun. (R-2/fwd)