Kepemimpinan SN-KT Beri Keteduhan

Magister Ilmu Administrasi Publik, Drs. Emanuel Makaraek, M.

Malaka, Pelopor9.com - Kepemimpinan Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH, MH dan Wakil Bupati, Louise Lucky Taolin  S. Sos yang akrab dikenal Kim Taolin dengan tagline SN-KT memberi keteduhan dalam tata kelola pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

 

Magister Ilmu Administrasi Publik, Drs. Emanuel Makaraek, M. Si kepada wartawan di ruang kerja, Selasa (12/2/22) mengatakan SN-KT menciptakan suasana kepemimpinan yang teduh jika dibandingkan dengan kepemimpinan-kepemimpinan sebelumnya.

 

"Saat ini, kita lihat brand kepemimpinan SN-KT, teduh. Santun dan pentingkan tata krama," kata kandidat doktor ilmu administrasi publik itu.

 

Emanuel menilai kepemimpinan SN-KT mengutamakan kepentingan masyarakat. Tidak hanya merealisasi janji kampanye politik, akan tetapi berorientasi pada pelayanan publik. Kajian administrasi publik dan konsep-konsepnya dijalankan SN-KT dalam masa setahun memimpin.

 

Dicontohkan, penyediaan mobil operasional e-KTP keliling sebagai wujud pendekatan pelayanan kepada masyarakat. Dari aspek administrasi publik, kata Emanuel kebijakan publik itu efektif dan efisien. Karena, dalam pengambilan kebijakan publik terkadang mengabaikan indeks kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

 

Pendekatan pelayanan e-KTP keliling dapat mencegah high cost economy. Masyarakat tidak mengeluarkan biaya untuk mengurus administrasi kependudukan.

 

"Ini yang luar biasa. Seorang dengan latar belakang ilmu hukum, tapi paham dengan konsep administrasi publik dengan kebijakan publiknya. Ahli hukum dan mampu melaksanakan kebijakan publik," tandas Emanuel yang menjabat Kaban Pengelola Perbatasan Kabupaten Malaka saat ini.

 

Ditegaskan, kebijakan publik yang diambil SN-KT selama ini memihak kepada kepentingan masyarakat. Artinya, SN-KT punya semangat kepublikan.

 

"The spirit of publicness," ujarnya sambil menambahkan suasana teduh dalam pemerintahan terus tercipta hingga saat ini.