Jelang Kampanye, BAWASLU Sabu Raijua Gelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024

Ketua Divisi P3S Bawaslu Sabu Raijua, Yulius Boni Geti. Foto: Is

Menia, Pelopor9.com – Menjelang masa kampanye, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sabu Raijua menggelar Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024, Kamis (23/11/2023 di halaman Kantor Bawaslu Sabu Raijua, Kelurahan  Mebba, Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua, Propinsi Nusa Tenggara Timur.

 

Ketua Divisi P3S Bawaslu Sabu Raijua, Yulius Boni Geti, mengatakan bahwa tujuan digelarnya Apel Siaga untuk memastikan seluruh Pengawas Pemilu di Kabupaten Sabu Raijua siap melaksanakan Pemilu tahun 2024.

 

"Apel Siaga kali ini untuk memastikan seluruh Pengawas Pemilu di daerah ini siap melaksanakan Pemilu tahun 2024, terlebih khusus beberapa hari lagi kita akan masuk pada masa kampanye", ucap aktivis GMNI ini.

 

Dijelaskan bahwa terkait kesiapan unsur Pengawas pemilu, pihaknya sudah melakukan bimbingan teknis mulai dari rapat kerja teknis, cara penyusunan laporan hasil pengawasan maupun tata cara persidangan dalam penanganan pelanggaran, hingga proses penanganan penyelesaian sengketa.

 

Sementara masa kampanye akan berlangsung selama 75 hari mulai  tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024

 

Penggagas Taman Baca Harapan Turangga di pulau Raijua itu menghimbau kepada seluruh pemangku kepentingan, terutama kepada peserta Pemilu atau para calon untuk jadikan pemilu 2024 berkualitas dan berintegritas  dengan cara  agar hindari saling menjatuhkan antara peserta Pemilu yang satu dengan yang lain.

 

Selain itu, Pria Kelahiran  Pulau Raijua itu meminta kepada para peserta pemilu serta tim sukses diharapkan agar menghindari politik uang, politisasi Sara (Suku, Ras, Agama dan Golongan)  serta penyebaran berita Hoaks yang menjurus pada perpecahan dan konflik horizontal.

 

Mantan Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sabu Raijua itu, juga meminta kepada para penyelenggara mulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat desa agar dalam melaksanakan tugas harus menjaga netralitas dan independen. (R-1/Tim)