7 Pimpinan OPD Ikut Seleksi Calon Sekda Malaka, ini Pesan Asesor

Pelaksanaan seleksi calon sekda

Malaka, Pelopor9.com – Pemerintah Kabupaten Malaka melalui Panitia Seleksi (Pansel), selenggarakan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekertaris Daerah Kabupaten Malaka Tahun Anggaran 2022.

 

Seleksi dilakukan oleh Asesor dari Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Dan diiukti oleh 7 pimpinan OPD pada Setda Kaupaten Malaka. Kegiatan ini, berlangsung selama dua hari kerja (5-6) Juli 2022, di Aula SMK Wilibrodus Betun, Desa Wehali, Kacamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka.

 

Yohanes Tael Lim, Asesor SDM Aparatur Muda Badan Kepagawaian Daerah Provinsi NTT, yang ditemui media ini disela sela kegiatan pada hari pertama, Selasa (5/7/22) mengatakan,  kompetensi  yang harus diikuti oleh calon Pejabat Tinggi Pratama Sekda Malaka diantaranya, penilaian kompetensi managerial sosial dan struktural , kompetensi bidang, rekam jejak, dan wawancara akhir .

 

“Asesor disini tugasnya hanya menilai kompetensi manegerial sosial dan kultural.Sementara yang lain akan dinilai  oleh Panitia Seleksi (Pansel) atau tim Sekertariat sendiri”ujarnya.

 

Dalam proses seleksi terbuka calon Sekda Malaka, katanya, tidak melakukan sistem gugur tapi memotret hasil kompetensi kemudian melaporkan kepada Panitia Seleksi.Terkait dengan score asssesment, sebenarnya bukan memakai score rata-rata tetapi pihaknya memiliki 3 grade yaitu memenuhi syarat, masih memenuhi syarat dan kurang memenuhi syarat.

 

“Jadi dari hasil kompetensi itu kami akan sampaikan bahwa peserta ini kurang memenuhi syarat untuk menduduki seleski Jabatan Pimpinan Pratama Tinggi Sekda Malaka”katanya lagi.

Karena itu, Tim Asesor dan pansel, ingin calon seleksi Sekda harus rileks, enjoy dari seluruh proses yang ada ,kemudian mereka bisa menampilkan seluruh kompetensi yang terbaik yang mereka pilih saat ini.

Tael Lim juga menyampaikan bahwa proses selekesi  Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dilaksakan selama kurang lebih 7 hari kedepan. Tapi, untuk proses seleksi bersama peserta selama 2 hari selanjutnya assesor sendri yang akan bekerja untuk mengolah hasil,menyiapkan laporan dan melaporkan hasil ke Pansel.

 

Sementara Silvester Leto (Pj. Sekda Kabupaten Malaka), pada pembukaan kegiatan mengatakan jabatan pimpinan tinggi Pratama sekretaris daerah Kabupaten Malaka sejak 01 Januari 2022 dijabat oleh penjabat Sekda karena Sekda definitif memasuki masa pensiun oleh sebab itu Bupati memerintahkan agar segera dilakukan seleksi terbuka untuk jabatan pimpinan tinggi Pratama Sekda Kabupaten Malaka.

 

“Tahapan itu kita mulai hari ini dan mudah mudahan melalui seleksi ini segera terpilih Sekda definitif untuk Kabupaten Malaka”katanya.

 

Adapun peserta yang  mengikuti Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekertaris Daerah Kab.Malaka Tahun Anggaran 2022, sbb :

a. Ferdinand Un Muti, S.Hut, M.Si (Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu)

b. Josefina Bete Manek, S.Sos (Sekertaris DPRD Kab.Malaka)

c. Aloysius Werang, SH.MM (Kadis Pariwisata Kab. Malaka)

d. Agustinus Remigius Leki, S.Kom ( Kaban BPKPD Kab. Malaka)

e. Vinsensius Babu, S.Pi (Kadis Nakertrans Kab. Malaka)

f. Agustinus Nahak, S.IP (Kadis PMD Malaka)

g. Petrus Seran Tahuk ( Kepala Badan Perbatasan Prop.NTT). R-2/fwd)