Masyarakat Sambut Baik Rencana Perbaikan Pasar Tani di Kelurahan Kolhua

Pasar Tani Kolhua, Foto: Istimewa

Kupang, Pelopor9.com – Masyarakat Kelurahan Kolhua, Kota Kupang menyambut baik rencana pemerintan untuk memperbaiki Pasar Tani. Yang selama ini menjadi satu-satunya sarana yang dipakai oleh masyarakat setempat dalam melakukan transaski barang kebutuhan pokok masrakat Keluarahan Klohua.

 

“Ada Rencana dari PD Pasar untuk perbaiki, jadi kita sudah sangat senang. Karena selama ini kami hanya punya pasar ini saja dan sudah mulai keropos, kalau tidak dipebaiki maka saya pastikan pasar akan rubuh dan kami tidak punya tempat jualan” ujar Stevanus salah seorang warga masyarakat Kolhua kepada media ini, 29/11/22) kemarin.

 

Dikatakannya, pasar tersebut sudah tidak layak lagi disebutkan sebgai pasar, baik dari lokasi dan juga posisi bangunan. Karena tidak ada akses jalan bagi orang yang masuk ke pasar tersbut. Tetapi tidak ada pilihan lain bagi masyarakat untuk memasarkan produk para petani di Klohua.

 

“Kalau mau jujur, itu pasar tidak layak lagi untuk disebutkan pasar, apalagi dengan kondisi skarang ini. Harusnya, kalau pasar harus punya akses jalan keluar masuk. Jadi kalau ada rencana pemerintah, kita bersyukur dengan harapan bisa terealisasi” ungkapnya.

 

Sebelumnya, Direktur Pemasaran Perusahaan Daerah (PD) Pasar, Maxi Nomleni mengatakan, Pemerintah Kota akan segera membangun ulang Pasar Tani yang terletak di Keluarahan Kolhua pada tahun 2023 mendatang.

 

Sebeb menurutnya, Bangunan Pasar tersebut sudah tidak layak digunakan karena sudah termakan usia. Banyak tembok yang sudah bolong dan juga pasar tersebut tidak memenui kriteria sebagai pasar. Sehingga pemerintah Kota sudah memikirkan untuk dibangun ulang dengan penataan yang baru.

 

“Anggarannya, sementara kita rancang. Tetapi untuk angkanya, belum dketahui secara pasti karena hitungann ada di Disperindag Kota. Tapi PD asar sudah ajukan untuk bangun kembali pasar tersebut”janjinya.

 

Menuutnya, pmbangunan Pasar Tani Kolhua diprioritaskan karena masyakat setempat harus mempunyai akses pasar yang, seperti halnya di kelurahan lain yang ada di Kota Kupang. Dimana selama ini masyarakat setempat belum mempunyai pasar.

 

“Jumlah penduduk di Kelurahan Kolhua sudah semakain bertambah dan padat. Jadi, warga pasti membutuhkan pasar yang representatif, ini yang kita sudah pikirkan dan tahun depan sudah dibangun”katanya lagi.

 

Disampaikannya, pembangunan pasar tidak hanya di Keluarahan Kolhua tetapi juga akan dibangun di Pasar Bimoku dan pasar Alak. Di 2 tempat ini sudah ada los berjualan, tetapi belum ada bangunan atau kios.

 

“Bangunan harus kios ini kan penting, supaya aktivitas pedagang tiap harinya tetap ada. Karena ada pedagang yang berjualan selama 24 jam. Kalau hanya los pasar tiak bisa hidup”katanya. (R-2/**)