Pemkot Kupang  Launching Penyaluran Bansos Beras untuk 11.351 KPM

Wali Kota Kupang, Jefirstson R. Riwu Kore menyerahkan bansos beras secara simbolis kepada seorang penerima manfaat

Kupang, Pelopor9.com – Sebanyak 11.351 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Kupang menerima bantuan sosial beras dari Kementerian Sosial RI. Ini merupakan salah satu program jaring pengaman sosial (JPS) untuk penanganan dampak wabah Covid 19.

 

Acara launching penyaluran bantuan sosial beras bagi KPM PKH oleh Wali Kota Kupang, Jefirstson R. Riwu Kore yang berlangsung di halaman Kantor Camat Kelapa Lima, Rabu (16/9/20).

 

Dalam sambutannya Jefirstson R. Riwu Kore, berterimakasih terhadappemerintah pusat dan daerah terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan berbagai program yang menyentuh kebutuhan dasar, terutama bagi warga yang berpenghasilan rendah atau tidak mampu.

 

Dijelaskannya, pada tahun ini, pemerintah menyiapkan beberapa skema bansos, antara lain bansos reguler termasuk di dalamnya bansos PKH dan bansos pangan sembako dengan total anggaran sebesar Rp 48 milyar lebih bersumber dari APBN.

 

Untuk penanganan dampak Covid-19, lebih khususnya terhadap yang berpenghasilan rendah, pemerintah menyiapkan bansos dengan total anggaran Rp 75 milyar lebih, bersumber dari APBN dan APBD. Selain itu, ada pula bansos reguler bidang rehabilitasi sosial yang bersumber dari APBN dan APBD, dengan total anggaran  sebesar Rp 822 juta.

 

Wali Kota menambahkan apa yang dilaksanakan pemerintah ini sesuai dengan visi dan misi pembangunan Kota Kupang serta upaya global dalam menanggulangi dampak covid yang tidak hanya mengancam kesehatan namun lebih dari itu, menimbulkan terjadinya krisis kemanusiaan, ekonomi dan sosial.

 

Wali Kota juga meminta Pimpian OPD, khususnya Dinas Sosial, camat dan lurah, pemberian bantuan beras sebanyak 510.795 ton tepat sasaraan. Dan benar-benar menjawab kebutuhan masyarakat di 6 Kecamatan yang ada di Kota Kupang.

 

Dirnya juga berharap Kepada warga penerima manfaat, bantuan tersebut dapat mengurangi beban pengeluaran terutama di tengah pandemi yang belum berakhir saat ini. Dihimbau kepada semua warga Kota Kupang untuk mengedepankan protokol kesehatan yang dianjurkan, demi kesehatan bersama.

 

Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, Lodywik Djungu Lape, dalam laporannya menjelaskan bahwa, setiap KPM memperoleh bantuan sebanyak 15 kg per bulan selama 3 bulan. Untuk penyaluran bulan September diberikan sekaligus dengan jatah bulan Agustus lalu, sedangkan untuk jatah bulan Oktober akan disalurkan tersendiri pada bulan Oktober nanti.

 

Acara launching penyaluran bansos beras bagi KPM PKH ini dihadiri pula oleh Ketua DPRD Kota Kupang, Yeskiel Loudoe, Kepala Perum Bulog Kanwil NTT, General Manager PT. Bhanda Ghara Reksa (BGR)  Logistik, Sekretaris Daerah Kota Kupang, Fahrensy Priestly Funay, para Asisten Sekda, pimpinan OPD, para camat dan lurah. (R-2/PKP).