150 Penari Likurai Belu ke Istana Negara

Penari Likurai

Belu, Pelopor9.com - Sebanyak 150 penari Kabupaten Belu diminta kesediaan untuk membawakan tarian Likurai dan Antama pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Istana Negara Jakarta. 

 

Koordinator Pelatih Tarian, Hendrik Andrada kepada wartawan di Atambua, Jumat (8/8/19) mengatakan para penari telah menjalani persiapan dan latihan. 

 

“Saat ini, kita siapkan para penari untuk tampil. Ada dua kelompok. Tarian Likurai dibawakan penari perempuan dan Antama dibawakan penari pria,” tandas Hendrik. 

 

Selain tampil di Istana Negara, para penari akan membawakan tarian di Monas saat acara yang digagas GMNI bekerja sama dengan stasiun televisi INews dan TV One. 

 

Dijelaskan, tarian yang akan dibawakan mengusung tema “Selaras Tihar Likurai Belu”. Latihan ini pun akan melibatkan instruktur Ikatan Seni Indonesia (ISI) Solo untuk menata gerakan,  formasi dan terlebih koreografi.

 

Berkaitan dengan formasi, kata dia, penari akan menampilkan Likurai dan Antama. Formasi lain yang ditampilkan berupa lingkaran Tebe dan Matahari. Selain itu, ditampilkan tarian yang mewakili empat etnik yang mendiami Kabupaten Belu di antaranya Tetun, Bunaq, Kemak dan Dawan. 

 

Keberangkatan para penari ke Jakarta akan difasilitasi Sekretariat Negara dan Pemda Belu. Rencananya penari akan diberangkatan pada 12 Agustus mendatang. 

 

Sebelumnya, para penari Belu turut memeriahkan pembukaan Asian Games 2018 lalu. Tarian Likurai pernah ditampilkan dalam menyemarakan hajatan olahraga akbar Asian Games di Jakarta, beberapa waktu lalu, (R-1/ans).