Memaknai HUT ke 63 Veteran Nasional di Kabupaten Belu

Suasana Upacara

Belu, Pelopor9.com – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Veteran Nasional ke – 63 tanggal 10 Agustus. Markas Cabang Legiun Veteran Republik Indonesia (Macab LVRI) Kabupaten Belu menggelar upcara bendara.

 

Sekretaris Markas Daerah (Mada) LVRI Provinsi NTT, Niko Dawi mengatakan peringatan HUT Veteran Nasional dalam upacara bendera mempunyai makna meningkatkan kebersamaan dan solidaritas dalam mengelola organisasi sehingga berguna bagi warga Veteran, bangsa dan negara. 

 

Hal ini penting, karena LVRI hadir di tengah dinamika kehidupan bangsa dan negara. Secara khusus, kata Niko LVRI tetap menjaga integritas organisasi dalam setiap agenda nasional seperti Pemilu 2019. LVRI menghargai hak konstitusi negara dan tidak terombang-ambing dengan kepentingan politik praktis. 

 

Di daerah, lanjutnya, warga Veteran perlu memberi teladan dalam keluarga dan masyarakat. Veteran perlu memperkuat solidaritas supaya mampu mewarisi nilai dan semangat juang 45. 

 

Pernyataan itu disampaikan Niko dalam amanatnya saat upacara bendera yang berlangsung di halaman Kantor Macab LVRI Kabupaten Belu, Sabtu (10/8/19) siang. 

 

Ketua Macab LVRI Kabupaten Belu, Stefanus Atok Bau kepada wartawan mengatakan keanggotaan organisasi Veteran di Kabupaten Belu kurang lebih berjumlah 4. 000 orang yang terdiri dari warga lokal dan warga baru. 

 

Selaku pimpinan Macab LVRI, kata Stefanus, dirinya bertekad untuk menata organisasi Veteran di Kabupaten Belu lebih baik ke depan. Stefanus menekankan urusan administasi keanggotaan Veteran. 

 

"Urusan administrasi Veteran di kantor sini. Bukan di tempat lain. Kalau di tempat lain, ada apa-apa siapa yang bertanggungjawab. Datang tidak melalui kita, urusannya siapa yang tahu," kata Stefanus menjawab pertanyaan wartawan terkait segala urusan administrasi yang tidak sesuai mekanisme dan jalur yang benar. 

 

Ke depan, lanjut Stefanus, pihaknya akan melakukan penertiban administrasi. Di samping itu, Stefanus juga menjelaskan peringatan Hari Veteran Nasional difokuskan di dua wilayah, yakni di Macab LVRI Kabupaten Malaka dan di Naibonat Kabupaten Kupang yang dipimpin Ketua Mada LVRI Provinsi NTT, Mayor TNI (Purn) Stanislaus Dawu. 

 

"Di Belu, kita dapat jadwalnya tahun lalu," ujarnya.  (R-1/ans).