Wabup Ende Minta Dukungan ‘Mosalaki’

Gerbang Masuk Museum Tenun Ikat Ende

Ende, Pelopor9.com – Wakil Bupati (Wabup) Ende, Djafar H Achmad meminta dukungan kepada seluruh tetua adat (Mosalaki) untuk dapat bersama – sama membangun Kabupaten Ende usai berpulangnya Almarhum Bupati Ende, Marselinus Petu.

 

Permintaan itu, disampaikan wabup dalam sambutannya pada Rakor Tiga Batu Tungku / Lika Mboko Telu dengan para Mosalaki di seluruh Kabupaten Ende, di  Museum Tenun Ikat Ende (13/8/2019). 

 

Wabup Djafar mengatakan rakor bertujuan untuk mengajak para Mosalaki  mendukung kinerja pemerintah untuk bersama – sama membangun Ende dari desa.

 

Dirinya berharap dukungan tulus dari berbagai komponen masyarakat Kabupaten Ende agar dapat melanjutkan program kegiatan yang tertuang dalam RPJMD tahun 2019 – 2024.

 

“Saya merasa betapa pentingnya kolaborasi peran antara pemerintah, tokoh agama dan tokoh adat sehingga diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi masyarakat secara nyata,”ucap Djafar.

 

Ia mengajak peserta rakor untuk mau berdiskusi, berbagi peran dan terlibat aktif dengan potensi pada diri masing – masing untuk bekerja menyejahterakan masyarakat.

 

“Apabila kekuatan pemerintah, tokoh adat dan tokoh agama bersatu hati dan saling mendukung maka akan terjadi hubungan harmonis sebagai kekuatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat oleh karena itu kami harapkan dukungan dari para Mosalaki pada pelaksanaan program – program,”jelasnya.

 

Ia juga meminta para Mosalaki agar mau mengkoreksi dan memantau kerja pemerintahan desa. Mosalaki dipersilahkan mendesak pemerintahan desa untuk bekerja dengan baik dan tepat sasaran.

 

“Pantau dan bantu tugas kepala desa dan bendahara desa, semua harus memiliki kuitansi perbelanjaan,”tutur Djafar.

 

Rakor ini, digelar dalam rangkaian Festival Sepekan Danau Kelimutu, Pemerintah Kabupaten Ende yang telah di gelar sejak tanggal 8 sampai dengan 14 Agustus 2019. (R-1/Tri).