Undang ETMC 2021 Secara Adat, Wabup Thomas Sebut Lembata-Malaka ‘Basodara’

Wabup Lembata, Dr. Thomas Olla, SE, M. Si (kiri) saat melaksanakan Rekadu (red, undangan dalam tata cara adat dan budaya) kepada Wabup Malaka, Louise Lucky Taolin, S. Sos

Malaka, Pelopor9.com - Undangan Turnamen Sepak Bola El Tari Memorial Cup (ETMC) 2021 yang akan diselenggarakan di Kabupaten Lembata dilakukan secara adat. Wakil Bupati (Wabup) Lembata, Dr. Thomas Olla, SE, M. Si menyebut Malaka dan Lembata Basodara (red, ikatan hubungan kakak dan adik).

 

Pernyataan itu disampaikan Wabup Thomas usai melaksanakan Rekadu (red, undangan dalam tata cara adat dan budaya) kepada Wabup Malaka, Louise Lucky Taolin, S. Sos di ruang kerja Wabup Malaka, Rabu (24/6/21).

 

Wabup Thomas merasa tidak asing ketika berada di Kabupaten Malaka. Karena, jauh sebelumnya Wabup Thomas sudah datang di Kabupaten Malaka dan bertemu masyarakat. "Tidak asing, ada di sini. Karena sebelumnya kami dapatkan cerita tentang hubungan turun-temurun di sini," kata Wabup Lembata.

 

Sehingga, undangan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka, masyarakat dan Persatuan Sepak Bola (PS) Malaka secara adat untuk mengikuti ETMC 2021 di Kabupaten benar adanya. "Kami datang secara adat untuk memberitahu. "Malaka dan Lembata, kakak-beradik. Masa kami buat pesta, kakak tidak tahu. Kami sendiri tidak mungkin," lanjutnya.

 

Wabup Malaka menyambut dengan gembira dan bangga atas kedatangan Wabup Lembata dan rombongan. Kebanggaan itu ditunjukkan Wabup Kim Taolin dengan menikmati suguhan sirih pinang undangan ETMC 2021 yang diserahkan Wabup Lembata dalam suasana santai, senyum dan tawa ceria.

 

"Inilah Malaka. Jalan-jalan seperti itulah. Tapi, Malaka punya keindahan alam. Tentu kami sangat senang untuk membangun dan jalin hubungan tidak hanya di bidang olahraga. Tetapi bidang lain. Jangan sampai beras kami, brand Nona Malaka bisa sampai di Lembata," kata Wabup Kim Taolin, demikian akrab disapa.

 

Di dampingi Ketua ASKAB Kabupaten Malaka, Adrianus Bria Seran, Wabup Kim Taolin menyatakan PS Malaka siap mengikuti dan siap bertanding dalam turnamen sepak bola ETMC 2021di Kabupaten Lembata. "Apalagi kami diundang secara adat. Kalau adat, tidak ikut itu bisa denda," kata Wabup Malaka mengundang canda dan tawa.

 

Wabup Thomas didampingi, isteru Maria Sadipun, Kadis Sosial dan KB, Ambrosius Lein, Kadis Pertanian, Kanisius Tuaq, Kaban Pendapatan, Ben Lenobi. Sedangkan pejabat yang mendampingi Wabup Malaka di antaranya Asisten Administrasi Pembangunan Setda Malaka, Silvester Letto, SH, M.Hum dan Asisten Perekonomian, Drs. Yosep Parera, Pelaksana Tugas Kadis Pemuda dan Olahraga, Yanuarius Boko dan Kabag Kesra, Theresia Un. (R-1/ans)