Ketua KPU RI Minta KPU Sabu Raijua Tertib Adminstrasi di PSU

Ketua KPI RI Ilham Saputra (kanan) saat Meninjau Logistik PSU

Menia, Pelopor9.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sabu Raijia, diminta agar dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Sabu Raijua 7 Juli 2021, segala adminstrasi harus menajdi hal penting yang harus diperhatikan.

 

"Administrasi harus tertib, karena kasalahan sedikit saja soal adminiatrasi akan jadi masalah, Kita semua akan disibukan lagi kalau tidak tertib,"ujar Ketua KPI RI Ilham Saputra, saat melakukan monitoring kesiapan logistik PSU di Aula KPU Sabu Raijua, Kamis (1/7/21).

 

Ditambahkan, pemilih yang akan memberikan hak pilih dalam PSU 7 Juli 2021, adalah yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan DPTh di Pilkada Serentak 9 Desember 2020 lalu.

 

"Semua yang ikut memilih di Pilkada Serentak lalu, boleh memilih pada PSU nnti. Dan harus membawa C Pemberitahuan dan E-KTP,"jelasnya.

 

Ditambahkannya, pemilih yang terdaftar dalam DPT dan baru melakukan perekaman sekarang, tidak menjadi masalah tetap dapat memberikan hak pilih. Karena ada kejadian di daerah lain, perekaman menjelang PSU itu menjadi masalah.

 

"Pemilih yang berada dalam DPT, saat ini baru perekaman, tidak jadi masalah. Memang ada di daerah lain yang juga PSU seperti di Sabu Raijua, jadi masalah, padahal mereka sudah ada dalam DPT,"kata dia.

 

Sementara Ketua KPU Propinsi NTT, Thomas Dohu dalam kesempatan itu juga menyampaikan, pihaknya sementara menugaskan bidang hukum untuk identifikasi masalah hukum saat PSU.

 

"Kamu sudah tugaskan, bidang hukum untuk identifikasi masalah hukum pada saat PSU" ujarnya.

 

Ketua KPU Sabu Raijua, Kirenius Padji, juga menyampaikan, KPU Sabu Raijua telah memberikan surat cinta kepada pemilih dalam pemilihan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Sabu Raijua tahun 2020.

 

Dia menghimbau dan berharap di TPS tanggal 7 Juli 2021 nanti, para pemilih membawa C Pemberitahuan dan KTP-E. Hal itu menjadi kewajiban oleh peratutan Komisi Pemilihan Umum.

 

"Kami mencintaimu, karena satu suaramu menentukan masa depan Sabu Raijua menjadi lebih baik," demikian surat cinta yang disampaikan oleh KPU Sabu Raijua. (R-2)