KPU Tetapkan Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua Hasil PSU

Nikodemus N. Rihi Heke - Yohanis Uly Kale, Takem I. Radja Pono-Herman Hegi Haba Radja

Menia, Pelopor9.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sabu Raijua, menetapkan Pasangan Calon, Nikodemus N. Rihi Heke - Yohanis Uly Kale sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua terpilih pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada 7 Juli 2021.

 

Penetapan, dilakukan dalam Rapat Pleno Penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih hasil PSU Pilkada Sabu Raijua Tahun 2020 di Aula Kantor Bupati Sabu Raijua, Rabu (28/07/21).

 

Dipimpim langsung oleh, Ketua KPU Sabu Raijua, Kirenius Padji bersama keempat Anggota KPU dan Sekretaris KPU Sabu Raijua.

 

Dihadiri Ketua Bawaslu Sabu Raijua, Yudi HR Tagi Huma bersama anggota, Asisten 1 Setda Sabu Raijua, Markus Lodo, Kapolres AKBP Jacob Seubelan, Danramil Seba, Danposal, Kajari, wakil bupati terpilih Yohanis Uly Kale dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah.

 

Ketua KPU Sabu Raijua, Kirenius Padji dalam sambutannya, mengatakan bahwa tahapan PSU berjalan dengan baik, karena kerjasama seluruh Pihak. Baik penyelenggara, pihak Keamanan dan juga partisipasi masyarakat Sabu Raijua di dalam pelaksanaannya.

 

"Dietapkannya Paslon terpilih hasil PSU ini, berakhir pula tanggungjawab KPU dalam menjalankan Tahapan PSU,"katanya.

 

Dikatakannya lagi, setelah penetapan tersebut. KPU akan menyerahkan Berkas Usulan Pelantikan ke DPRD Kabupaten Sabu Raijua untuk diproses menuju pelantikan yang dijadwalkan oleh Kemendagri.

 

Dirinya berharap, masyarakat Sabu Raijua tetap merajut kebersamaan dan saling menopang demi pembangunan Sabu Raijua yang lebih baik ke depannya.

 

"Partisipasi masyarakat pada PSU menyentuh angka 72 %. Ini legitimasi dari masyarakat terhadap PSU. Dengan segala kerumitan di tengah Pandemi Covid-19 yang melanda Dunia tak terkecuali Sabu Raijua,"katanya.

 

Terpisah, Juru Bicara KPU Sabu Raijua, Daud Pau mengatakan bahwa KPU telah menyerahkan berkas usulan kepada DPRD Sabu Raijua, untuk diparipurnakan dan diusulkan ke Kemendagri melalui Gubernur NTT.

 

"Maka tahapan di KPU telah berakhir dan selanjutnya menjadi kewenangan Kemendagri untuk menjadwalkan pelantikan lewat Gubernur,"ujarnya.

 

Sementara Calon Wakil Bupati terpilih, Yohanis Uly Kale, dalam sambutan mengatakan bahwa Kemenangan tersebut adalah kemenangan masyarakat Sabu Raijua. Perbedaan selama Pilkada harus ditinggalkan.

 

"Ini adalah kemenangan masyarakat Sabu Raijua. Karena itu, perbedaan harus ditinggalkan demi Pembangunan di Sabu Raijua,"katanya. 

 

Untuk diketahui, Pasangan Nikodemus Rihi Heke- Yohanis Uly Kale atau Paket 2M meraih suara 21.847 dan pasangan Takem I. Radja Pono-Herman Hegi Haba Radja atau Paket TRP-Hegi dengan perolehan suara 17.143.

 

Dengan rincian, Kecamatan Sabu Barat, paket 2M perolehan suara 6.532, Paket TRP-Hegi 8.191 suara. Kecamatan Sabu Liae, Paket 2M 2.416 suara dan TRP-Hegi 2.107 suara. Kecamatan Sabu Timur, Paket 2M 2.568 suara, TRP-Hegi 1.600 suara.

 

Kecamatan Sabu Tengah, Paket 2M, 2.625 suara, Paket TRP-Hegi 1.266 suara. Kecamatan Hawu Mehara, Paket 2M, 5.423 suara, Paket TRP-Hegi, 2.313 suara dan Kecamatan Raijua, Paket 2M, 2.283 suara dan Paket TRP-Hegi, 1.666 suara. (R2/jom)