TP PKK Kabupaten Malaka Gelar Pelatihan Produksi Abon Ikan Tuna

Ketua TP PKK Kabupaten Malaka, Ny. drg. Maria Martina Nahak, M. Biomed

Malaka, Pelopor9.com - Tim Penggerak PKK Kabupaten Malaka menggelar pelatihan produksi Abon. Latihan keterampilan itu bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran dalam mengelola pangan lokal untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan meningkatkan kemampuan ekonomi keluarga.

 

Hal ini disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Malaka, Ny. drg. Maria Martina Nahak, M. Biomed kepada wartawan di sela-sela kegiatan pelatihan keterampilan produksi Abon dari Ikan Tuna dalam suasana taat protokol kesehatan (Prokes) Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Malaka Weleun, Senin (2/8/21).

 

Dikatakan, pelatihan keterampilan dalam memroduksi Abon dari Ikan Tuna diikuti peserta yang berasal dari beberapa kecamatan dan desa dalam jumlah yang terbatas dengan tetap mematuhi Prokes Covid-19. Utusan dari kecamatan dan desa dilatih untuk menjadi tutor, sehingga bisa mengajar pasca pelatihan ini.

 

Ny. Maria Martina menyebut alasan pelatihan keterampilan produksi Abon dari Ikan Tuna saat ini di antaranya untuk menjawab kebutuhan rumah tangga. "Ikan Tuna dikenal memiliki asam lemak Omega-3. Ini nutrisi yang berperan besar dalam perkembangan saraf dan otak bayi. Jika dikonsumsi, anak akan cerdas, daya ingat dan konsentrasi yang tinggi," kata Ny. Maria Martina sambil mengingatkan konsumsi Abon Ikan Tuna juga bisa mencegah gizi buruk dan stunting jika diolah dan dikonsumsi dengan jenis bahan makanan lain.

 

Selain kebutuhan rumah tangga, kata Ny. Maria Martina, pelatihan keterampilan dalam memroduksi Abon Ikan Tuna bertujuan menambah pendapatan keluarga demi meningkatkan kehidupan ekonomi. "Abon Ikan Tuna bisa juga dijadikan ole-oleh khas Malaka," ujar Ny. Maria Martina sambil berharap agar masyarakat pesisir pantai memberi perhatian terhadap kebutuhan rumah tangga dan kewirausahaan pengelolaan sumber daya pesisir pantai. (R-1/ans)