80 Kamar Rumah Warga Sambut Peserta Festival Kelabba Madja

Pantai Cemara Sabu

Menia, Pelopor9.com - Antusias masyarakat Kabupaten Sabu Raijua dalam menyukseskan Festival Jelajah Pesona Kelabba Madja cukup tinggi. Sudah 80 kamar rumah warga telah siap menjadi penginapan bagi para tamu.

 

“Kami dari Dinas Pariwisata saat ini menyiapkan/rumah atau kamar untuk penginapan peserta nanti. Yang sudah terdaftar sampai hari ini sudah 80 kamar rumah penduduk dan masih didata terus,”ujar Kepala Dinas Pariwisata Sabu Raijua, Welem Lukas Rohi, kepada Pelopor9.com, Sabtu (24/8/19).

 

Dirinya mengaku, kamar yang terdaftar hingga hari ini, merupakan inisiatif warga untuk memberikan kamar. Warga menghubungi dinas agar rumah mereka didaftarkan menjadi tempat penginapan peserta festival yang akan berlangsung selama 4 hari, 9 - 12 September 2019.

 

“Terbanyak masyarakat menelpon langsung ke kami untuk mendaftar rumah mereka. Semua masih di seputaran kota Seba Sabu Barat dan Menia Sabu Tengah. Ada yang sewa kamar per malam 100 ribu. Tetapi lebih banyak relakan tanpa disewakan kepada peserta,”ujarnya.

 

Lebih lanjut dikatakannya, sebagai tanggungjawab dalam menyukseskan kegiatan festival tersebu. Seluruh OPD telah menyiapkan spot-spot pada titik-titik destinasi yang akan dilalui sesuai Rundown kegiatan, pembuatan stiker mobil, baliho, pembuatan video-video ajakan sukseskan festival Kelabba Madja.

 

“Semua dilaksanakan secara sukerala dari setiap OPD, sebagai bentuk keseriusan kita dalam menyukseskan kegiatan ini. OPD juga secara serius menginventarisir tamu undangan yang akan ikut festival,”ujar Ama Rohi, panggilan akrab Kepala Dinas Pariwisata.

 

Ditambahkannya, dengan adanya kerelaan warga untuk memberikan rumah menjadi tempat penginapan, membuktikan bahwa masyarakat Sabu Raijua, secara bersama-sama dengan pemerintah dalam menyukseskan kegiatan.

 

“Ini bukti bahwa masyarakat Sabu Raijua, bahu membahu bersama pemerintah dalam menyukseskan event ini. selain itu, masyarakat bisa ini sebagai peluang bagi masyarakat dalam pengembangan usaha jasa homestay kedepan”pungkasnya.

 

Sebelumnya Bupati Sabu Raijua,  Nikodemus Rihi Heke mengatakan bahwa tamu dari luar Pulau Sabu Raijua dipastikan akan membludak menghadiri festival. Para peserta dipastikan akan nginap di rumah-rumah warga, terkecuali pejabat dari Kementerian dan propinsi yang akan menginap di Hoetl dan Penginapan.

 

“Peserta Festifal akan tidur di rumah-rumah warga yang ada, Dinas Pariwisata sedang berkordinasi dengan warga, karena pasti peserta banyak yang mau nginap bersama warga disekitar lokasi. Tapi untuk tamu dari Kementerian dan juga pejabat dari Propinsi pasti di hotel dan penginapan yang ada,” kata Bupati. (R-2/Fwd).