Wabup Ende Minta Pjs Kades Kelola Dana dengan Transparan

Wakil Bupati Ende, Ahmad Jafar (Kiri) Saat Mengambil Sumpah Pjs Desa dan BPD

Ende, Pelopor9.com - Penjabat Sementara (Pjs) Kepala Desa (Kades) mempunyai peran penting dalam kedudukannya sebagai unsur pemerintah sekaligus sebagai pemimpin yang paling dekat dengan masyarakat. Sehingga diminta mengelola keuangan secara profesional, transparan dan akuntabel.

 

Demikian disampaikan wakil Bupati Ende, H. Jafar Achmad dalam sambutannya pada acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Penjabat Kepala Desa persiapan Waga Kecamatan Wolojita, Rabu (7/08/19) di halaman Kantor Kecamatan Wolojita.

 

Menurtnya, sebagai pemimpin penyelenggaraan pemerintah Desa, seorang Penjabat Kepala Desa dituntut untuk bekerja sesuai asas - asas penyelengaraan Pemerintahan Desa sebagaimana diatur pasal 24 UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Yakni keterbukaan, efektifitas dan efisisensi, kearifan lokal dan partisipasif.

 

Pjs desa Waga persiapan, Yohana Bedhi, mengaku gembira dan bahagia dengan tugas yang diemban. Dirinya optimis, dapat menjalan tugas dengan baik karena dukungan masyarakat.

 

Kata dia, momentum peresmian dan pelantikan penjabat kepala desa tidak dimaknai sebagai seremonial belaka akan tetapi menjadi sebuah tanggung jawab untuk menjalankan pemerintahan di desa.

 

“Tugas berat yang harus saya pikul karena desa ini adalah pembentukan desa persiapan,”ujarnya.

 

Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Penjabat Kepala desa Waga (persiapan), disaksikan oleh Asisten 1 Setda Kabupaten Ende Kornelis Wara, para Kepala Desa, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat serta masyarakat Desa Waga kecamatan Wolojita Ende, (R-1/Tri).