Kemendes PDTT Peduli Wilayah Pesisir Pantai di Malaka   

Kordinator Pemamfaatan Sumber Daya Alam Terbarukan Kemendes PDTT, Syamsuddin Bentara, ST, MT (foto depan) saat tanam mangrove

Malaka, Pelopor9.com - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), menaruh kepedulian terhadap wilayah pesisir pantai Laut Timor di Kabupaten Malaka. Kemendes PDTT memberdayakan masyarakat pesisir pantai untuk menanam mangrove dalam jenis kegiatan padat karya tunai (PKT) dengan total anggaran kurang lebih sebesar Rp 1, 4 milyar.

 

Kordinator Pemamfaatan Sumber Daya Alam Terbarukan Kemendes PDTT, Syamsuddin Bentara, ST, MT dalam arahannya saat pembukaan kegiatan vokasi pembibitan dan penanaman manggrove di Desa Motaain Kecamatan Malaka Barat, pekan lalu mengatakan mangrove sebagai salah satu penopang pemanasan dan perairan laut memiliki manfaat bagi kelestarian laut dan kehidupan biotanya.

 

Disebutkan, mangrove berfungsi menahan abrasi pantai dan memperindah pesisir pantai. Secara khusus, mangrove menyediakan berbagai sumber pangan laut, kesehatan makhluk hidup dan kayu. Mangrove menjadikan ekosistem pantai sebagai tempat wisata dengan membangun tracking mangrove, menara pandang dan ruang komunitas mangrove.

 

Untuk itu, kata Syamsuddin bantuan Kemendes PTT yang disalurkan kepada kelompok-kelompok kerja berupa stimulan pembibitan dan penanaman akan dilaksanakan masyarakat secara PKT untuk meningkatkan kehidupan ekonomi.

 

Diberitakan sebelumnya, kegiatan pembibitan dan penanaman Kemendes PDTT dilaksanakan beberapa kelompok dengan bantuan dana sebesar Rp 1, 4 milyar. Anggaran sebesar itu akan disalurkan kepada kelompok kerja masyarakat pesisir pantai yang berdomisili di Desa Weseben Kecamatan Wewiku, Desa Rabasa Haerain pada Desa Umatoos, Desa Motaain di Kecamatan Malaka Barat, dan Desa Kletek di Kecamatan Malaka Tengah. (R-2/ans)