Gandeng Permasa -Kupang, Pasca Sarjana Ilmu Lingkungan Undana Besok Gelar Penghijauan di Desa Nenoat

Kegiatan penghijauan di SMA Negeri 2 Kupang pada tanggal 19 Maret 2022

Kupang, Pelopor9.com – Mahasiswa Program Studi Ilmu Lingkungan tahun 2021, Pasca Sarjana Undana Kupang, besok, Sabtu (26/3/22). Akan menggelar, penghijauan di lokasi longsor Desa Nenoat Kecamatan Nunkolo Kabupaten TTS.

 

Hendrianus Josef Hae Jami, salah satu Mahasiswa pasca Sarjan Prodi Ilmu Lingkung tahun 2021, dalam rilis yang diterima oleh media ini mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat Mahasiswa Program Studi Ilmu Lingkungan, yang melibatkan Permasa-Kupang sebagai salah satu OKP di Kota Kupang yang sangat konsen dengan lingkungan.

 

“Kita melibatkan semua komponen yang selama ini cinta terhadap lingkungan, salah satunya Permasa-Kupang. Kita juga libatkan kepala desa, rohaniawan dan warga gereja, atoin amaf dan warga, anak sekolah,SD, SMP, SMA sekitar lokasi supaya berpartispasi untuk mencintai lingkungan kita sejak dini” ujar Alumni GMNI ini.

 

Dijelaskannya, alas an memilih Desa Nenoat di Kecamatan Nunkolo Kabupaten TTS. Merupakan suatu daerah, yang memiliki latar belakang permasalahan bencana alam Tanah Longsor yang pernah terjadi beberapa waktu. Hal ini tentu, sangat membutuhkan suatu kegiatan penghijauan kembali pada lokasi terjadinya longsor untuk kembali menciptakan lingkungan yang heterogeny.

 

“Tujuannya, upaya pelestarian lingkungan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. Membantu serta mengajak masyarakat dan peserta didik dalam hal kepedulian terhadap
pentingnya lingkungan” ujar jebolan S1 Fisika Undana ini.

 

Ditambahkannya, penghijauan tersebut akan dilaksanakan pada lokasi longsor seluas kurang lebih 5
Ha. Yang akan ditanam dengan Mahoni sebanyak 2000 anakan, Ficus/Beringin 1000 anakan, Sengon 150 anakan dan Trembes 250 anakan.

 

“Kita bermitra dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTT”kata Wakil Kepala Sekolah SMA 2 Kupang Timur ini.

 

Dikatakannya lagi, kegiatan tersebut mendapat dukungan dari semua pihak termasuk Walikota Kupang, Jferi Riwu Kore menyumbang 3 buah bus, Rektor Undana menyumbang 1 bus, SMA 2 Kupang Timur menyumbang relawan sebanyak 150 orang dan 3 avansa untuk mendukung kegiatan tersebut.

 

Dikatakannya lagi, kegiatan yang sama sudah dilakukan di lokasi SMA N 2 Kupang Timur pada hari ini, Jumat 25 Maret 2022 dan mendapatkan bantuan anakan dari BPDASH Benenai Nolemina sebanyak 700 anakaan. Terdiri dari Mahoni, sengon, ficus/beringin dan trambesi.

 

Sementara Ketua Umum Permasa-Kupang, Ruslan Lobo Wie mengaku sanagt berterimaksih kepada Pasca Sarja Undana, khususnya Prodi Ilmu Lingkungan yang telah melibatkan Permasa -Kupang dalam kegiatan penghijauan tersebut.

 

“Terimakasih kepada Prodi Ilmu Hukum Pasca Sarja Undana yang sudah libatkan kami, tentu kegiatan ini sangat memotoivasi kami untuk terus mencintai lingkungan dan alam ini. Permasa juga telah beberapa kali melakukan penghijauan di Kota Kupang”katanya. (R-2).