FKUB Manggarai Raya Gelar Seminar Toleransi

Suasana Seminar di aula Kevikepan Borong

Borong, Pelopor9.com- Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) se Kabupaten Manggarai Raya menggelar seminar, dengan tema "Kaum Muda dan Toleransi Kebangsaan". 

 

Seminar dilaksanakan di aula Kevikepan Borong akan berlangsung selama dua hari, mulai 26 - 27 September 2019 diikuti FKUB dan kaum muda se Manggarai Raya. 

 

Seminar dibuka oleh Wakil Bupati Manggarai Timur, Jaghur Stefanus dengan narasumber, Dr. Maks Regur, Pr tentang moderasi beragama dalam kerangka pembangunan kerukunan di Manggarai Raya. Pdt. Hendrik Rihi, S.Th, tentang spiritualitas kaum millenial, menelaah jejak pendewasaan diri dalam menghadapi revolusi Industri 4.0 dan Ustd. M. Alifudin Al-Ayyubi tentang 4 Pilar kebangsaan,harga mati.

 

Romo Hermen Sanusi, Pr selaku ketua panitia penyelenggara mengatakan, seminar ini hendak memperkuat tenunan kebangsaan kita yang sudah mulai koyak karena agama seringkai dipolitisasi demi kepentingan sesaat.

 

"Agama saat ini lebih dilihat sebagai pembeda dan pemisah antara kita, bukan lagi sebagai sebuah jembatan yang menghubungkan kita satu sama lain dalam tali persaudaraan. Ada juga segilintir orang yang melihat keberagaman sebagai sebuah ancaman sehingga tumbuh perasaan benci dan anti pati terhadap kelompok lain di luar komunitasnya,"katanya.

 

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi turut mewarnai relasi antar pemeluk agama di negeri kita. Kaum muda dan generasi milenial adalah pengguna media masa.

 

"Oleh karena itu kaum muda diberdayakan supaya mereka tidak diperdayakan oleh provokator dan predator milenial yaitu media massa", tutupnya. (R-2/Eka).