Tangani Air Bersih, Pemkot Kupang Dapat Dukungan Pusat

Walikota Kupang, Jefirstson R Riwu Kore

Kupang, Pelopor9.com – Dalam menangani kelangkaan air bersih, Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang akan membangun dan menata Kali Dendeng, dan Mata Air Sagu.

 

“Pemerintah pusat sudah memberikan lampu hijau, untuk membangun Kali Dendeng dan Air Sagu,”kata walikota Kupang, Jefirstson R Riwu Kore saat Coffee Morning dengan sejumlah wartawan, Kamis (26/09/19) di Hotel Maya Kupang.

 

Dikatakannya, pemerintah kota sangat serius dalam menyediakan air bersih bagi warga kota Kupang. Sehingga, saat pertemuan dengan presiden Joko Widodo telah diusulkan dibangun 2 mata Air. Dan 2019 ini sudah perencanaan dan desain.

 

Pemerintah pusat pun, telah menurunkan tim untuk melakukan survei. Informasi terakhir yang diterima pemerintah kota, anggaran untuk menata dua mata air itu telah disetujui direktris untuk dianggarkan.

 

“Untuk Air bersih ini. Kami sungguh - sungguh bekerja menangani air bersih. Dari Kali Dendeng akan terbantu 100 liter per detik dan Air Sagu 50 liter per detik,”ujarnya.

 

Meskipun dibangunnya kali Dendeng dan Air Sagu, namun ketersediaan air bersih di kota Kupang belum teratasi. Karena kebutuhan air masyarakat kota Kupang sebesar 825 liter per detik.

 

Sementara pasokan air dari PDAM Tirta Bening Lontar sebesar 150 liter per detik. Sebanyak 230 liter per detik dari kekuatan air PDAM kabupaten Kupang. Sehingga masih terdapat kekurangan.

 

Meskipun demikian, pemerintah terus melakukan berbagai upaya. Melakukan pendekatan, meminta pengelolaan bendungan Tilong dan membangun bendungan Kolhua.

 

“Tahun ini pemerintah melalui BPBD Kota Kupang menyuplai air bersih bagi masyarakat tidak mampu. Sebanyak 250 tangki air,”. (R-1).