Tangani Air Bersih, Wali Kota Kupang Apresiasi Dukungan Balai Prasarana Permukiman NTT

Wali Kota Kupang Jefirstson R. Riwu Kore, Foto: Istimewa

Kupang, Pelopor9.com – Dukungan penyediaan air bersih di kota terus mengalir. Wali Kota Kupang, Jefirstson R. Riwu Kore, mengapresiasi dan berterimakasih atas dukungan Balai Prasarana Permukiman Wilayah NTT yang siap memperjuangkan anggaran ke pemerintah pusat.

 

Apresiasi itu disampaikan dalam Final FGD tentang Air Minum yang bersumber dari Kali Dendeng dan Air Sagu yang diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Republik Indonesia, di Tropical Room, Sotis Hotel Kupang, Jumat (13/12) pagi.

 

Wali Kota Kupang Jefirstson R. Riwu Kore, bahwa pemerintah kota sangat mendukung penyediaan air bersih bagi masyarakat kota Kupang. Pemerintah sangat siap untuk melakukan pembebasan lahan dan pengusulan proposal.

 

“Terimakasih atas dukungannya dalam mengatasi persoalan air bersih di Kota Kupang, saya kira jika ini berjalan lancar maka hasilnya tentu akan sangat dirasakan oleh masyarakat Kota Kupang. Debit air kita akan bertambah dari yang awalnya hanya 80 liter/detik, setelah adanya ke 2 SPAM harapannya nanti akan meningkat menjadi sekitar 400 liter/detik,”ujarnya.

 

Ia berharap pengerjaan proyek prasarana air bersih dapat dilaksanakan dalam kurun waktu satu tahun bukan tahun jamak. Sehingga segera dinikmati oleh masyarakat kota Kupang.

 

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah NTT, Herman Tobo, mengatakan bahwa kedua sumber air yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan air di Kota Kupang yaitu SPAM Dendeng dan SPAM Air Sagu. Sehingga dapat memenuhi pasokan air bersih 400 liter/detik, dengan rincian 300 liter/detik dari Kali Dendeng dan 100 liter/detik dari Mata Air Sagu.

 

“Setelah diskusi akhir ini, Balai Prasarana Permukiman Wilayah NTT bersama Pemerintah Kota, akan bekerja sama bahkan melakukan lobi ke Kementerian untuk kelancaran pambangunan, tentu dengan memenuhi segala syarat sesuai tupoksi masing masing,” Ujar Herman Tobo.

 

Diskusi dihadiri juga Kepala Dinas Pendapatan Daerah, Jeffry Edward Pelt, Kepala Dinas PUPR Kota Kupang, Benyamin Hendrik Ndapamerang, dan Pejabat Sementara Direktur Utama PDAM Tirta Bening Lontar, Romy Seran. (R-1/tim).