Gempa Magnitudo 7,7 Guncang Maluku Terasa Sampai NTT, Tak Berpotensi Tsunami

Peta Nusa Tenggara Timur, Foto: Google maps

Kupang, Pelopor9.com - Gempa bumi magnitudo 7,7 SR terjadi di wilayah Timur Laut Maluku Barat Daya, Senin (24/06/19). Getarannya terasa sampai propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). 

 

Dari Atambua, kabupaten Belu dilaporkan, getaran gempa terasa sekali. Peralatan dapur terlihat bergerak. Namun tidak menyebabkan kerusakan. 

 

"Tadi terasa ada gempa, Beta (Saya) kira Kepala pusing. Beta lihat rak piring di dapur bergerak. Beberapa saat muncul info dari BMKG, bahwa gempa,"ujar Ida Leo, warga Atambua yang sementara memasak di Dapur.

 

Gempa juga terasa, sampai pulau Sabu dan Raijua, pulau di Selatan Nusa Tenggara. Getaran gempa cukup terasa kuat. 

 

Ama Roda salah seorang warga di Kabupaten Sabu Raijua, mengaku terasa oleng, semntara berdiri tiba-tiba ada goyangan hanya sekitar beberapa detik saja lalu menghilang.

 

"Beta sementara berdiri, beta rasa beta yang mabuk padahal gempa, rasanya sonde (tidak) sampai beberapa detik,"ujarnya.

 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofika (BMKG) membenarkan bahwa telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 7,7 SR. Gempa tersebut tidak menimbulkan Tsunami.

 

"#Gempa Mag:5.2, 24-Jun-19 10:28:24 WIB, Lok:6.48 LS,129.31 BT (250 km TimurLaut MALUKUBRTDAYA), Kedalaman:251 Km, tidak berpotensi tsunami #BMKG," Tulis BMKG di akun Twitternya @InfoBMKG, Senin (24/06/19) pukul 11.33 WIB. Informasi sementara, belum ada korban jiwa, (R-1).