Kapolres Belu Turun Bagi Air

Kapolres Belu AKBP Christian Tobing (kanan pegang Selang)

Belu, Pelopo9.com – Kepolisian Resor (Polres) mengerahkan 54 mobil tanki air ke seluruh pelosok wilayah Kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka. Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing bertindak cepat dan turun langsung ke masyarakat untuk mendistribusikan air. Tindakan cepat ini dilakukan atas berbagai laporan yang disampaikan Babinkamtibmas di wilayah hukum Polres Belu.

 

Disaksikan media ini, warga Kelurahan Manuaman berbondong-bondong mendatangi lokasi distribusi air. Warga gembira dan bersalaman dengan Kapolres Christian dan sejumlah perwira dan anggota polisi lainnya.

 

Terlihat, warga menyampaikan keluhan kesulitan air yang senantiasa dialami sejak pertengahan tahun hingga akhir tahun. Tak sungkan pula, warga meminta Kapolres Belu untuk berpose bersama usai pembagian air.

 

Warga Kelurahan Manuaman, Emerensiana Alos mengatakan kesulitan mendapat air bersih untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Warga hanya mengandalkan satu unit sumur untuk memperoleh.

 

"Itu pun harus antri bahkan kami tidur di Sumur," kata Emerensiana di lokasi distribusi air, Senin (1/7/19) siang.

 

Dikatakannya, memang dibangun sumur Bor, tetapi tidak dimanfaatkan karena tidak ada air. Menurutnya, pembangunan sumur bor itu gagal, karena tidak diawali dengan ritus adat.

 

Ritus adat pernah dilakukan untuk pembangunan sumur. Namun, ritus adat itu tidak tepat, sehingga sumur bor yang dibangun tidak dimanfaatkan, karena tidak ada air. Warga menyampaikan terima kasih, karena pimpinan dan jajaran Polres telah membantu warga untuk mengatasi kesulitan air bersih.

 

Sebelum distribusi air, Kapolres Belu, Christian Tobing berbincang-bincang dengan warga. Kapolres Belu sempat menanyakan kondisi ketersediaan air di wilayah Kelurahan Manuaman. Dikatakan, informasi kesulitan air dilaporkan Babinkamtibmas, sehingga Polres Belu berupaya untuk membantu warga dengan mengatasi kesulitan air bersih.

 

"Memang Saya dapatkan laporan Babin. Hari ini, Saya dapatkan langsung informasi dari masyarakat,"tandas Kapolres Christian kepada wartawan di lokasi distribusi air Kelurahan Manuaman, Senin (1/7/19) siang.

 

Dalam kegiatan distribusi air, hadir pula beberapa perwira dan anggota Polres Belu di antaranya Kasat Bimas, Iptu Filomena Bene Bere, Kaur Binops Satreskrim, Ipda Rey Artika dan Babinkamtibas Kelurahan Manuaman, Bripka Markus, (R-1/ans).