Lolos DPRD Belu, Aktivis Petani ini Siap Perjuangkan Petani

Foto: Aprianus Hale

Belu, Pelopor9.com - Mantan Aktivis LMND yang juga petani, Aprianus Hale lolos menjadi anggota DPRD kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur. Hasil Pleno KPU Belu, mantan ketua Umum Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) Eksekutif Kota Kupang ini meraih 428 suara.  

Jovan sapaan akrab Aprianus Hale ini memperoleh suara tertinggi dari rekan satu partai sehingga total suara Partai NASDEM untuk dapil 4 Belu (Raimanuk, Nanaet Duabesi, Tasifeto Barat) sebesar 1.619. Alumni Politani Kupang ini, dipastikan lolos menduduki kursi terakhir, kursi keenam.

Kepada Pelopor9.com, Minggu (5/5/19), Aprianus mengungkapkan bahwa perolehan suara dirinya adalah kemenangan rakyat, kemenangan semua tim dan semua kader dan Caleg NASDEM. 

"Terima Kasih untuk semua yang telah mempercayakan Saya sebagai alat untuk memperjuangkan aspirasi. Semoga para pendukung tidak hanya memilih Saya dan selesai tetapi harus terus bekerja sama dalam segala hal dan sama2 mengontrol kembali Saya agar tetap berjalan digaris perjuangan yang selama ini dibicarakan,"katanya. 

Dirinya beterimakasih dan berharap kepada sesama Caleg NASDEM untuk tetap menjaga komunikasi politik dan kerja sama. Segala aspirasi yang datang dari para pendukung agar disampaikan untuk diperjuangkan. 

"Saya bukan saja menjadi wakil rakyat untuk 428 orang yang telah memilih, tetapi juga untuk 1.619 yang telah memilih partai NasDem dan tentunya untuk seluruh masyarakat Belu dapil 4 dan seluruhnya,"Ujarnya. 

Ditambahkannya, fokus perjuangan ke depan adalah memastikan perjuangan sesuai fungsi DPRD, fungsi Legislasi, Anggaran dan Pengawasan. Legislasi bersama pemerintah membuat Perda yang pro petani. Memastikan setiap anggaran sampai kepada penerima dan alokasinya tidak dikuasai satu kelompok tertentu.

Dia berpesan kepada aktivis untuk tetap bersama rakyat. Mengawal setiap perjuangan, sama – sama berjalan di garis perjuangan massa rakyat dan berbagi peran.

"Saya akan memberikan informasi terkait setiap dinamika Legislatif dan sebaliknya saya juga mengaharapakan bantuan advokasi setiap persoalan rakyat sehingga menjadi agenda perjuangan kita bersama,"Pungkasnya. 

Kepada para petani, Jovan mengungkapkan bahawa dirinya sangat mencintai pekerjaan sebagai petani dan akan membentuk organisasi petani. Karena sesungguhnya petani adalah penyelamat manusia.  

“Melalui para petani maka kita dapat memperoleh makanan yang dihasilkan. Dan sesungguhnya yang disebut wakil rakyat, harusnya mewakili setiap elemen masyarakat.  Sehingga hari ini Saya duduk di perlemen tidak terlepas dari perwakilan kaum Tani yang selama ini belum pernah mengrimkan wakilnya untuk berbicara tentang kepentingan petani,”Tambahnya.

Lanjut Jovan, setelah dilantik akan membentuk ‘Aprianus Center’ guna menampung setiap aspirasi masyarakat untuk selanjutnya diperjuangkan. Selain itu, akan merekrut 3 staf khusus untuk mengadvokasi semua masalah yang ada di 3 Kecamatan pada Dapil 4 Belu. Terutama masalah hukum, Pertanian dan masalah pendidikan.

Sementara, Yos Mau, salah satu caleg Partai NASDEM Dapil 4, mengucapkan terima kasih berlimpah kepada masyarakat dapil 4 Kabupaten Belu yang telah menyumbangkan suara dalam pemilihan legislatif pada 17 April 2019.

Dikatakanya, bahwa dalam pemilihan, pasti ada kalah dan menang. Walaupun tidak mendapat suara maksimal, tetapi partai NASDEM sudah ada yang memperjuangkan aspirasi masyarakat.

“Tetap semangat untuk masyarakat yang sudah memilih Saya,  meskipun suara mereka tidak bisa mengantarkan Saya sebagai Dewan untuk membawa aspirasi masyarakat karena kalah,  tetapi ada keterwakilan dari Partai Nasdem, Saudara Aprianus Hale yang bisa membawa aspirasi masyarakat,”ujarnya.

Yos berpesan kepada kader NASDEM yang lolos untuk menjadi wakil rakyat yang bisa membawa aspirasi masyarakat di 3 Kecamatan. Memperjuangkan seluruh masyarakat, meskipun ada yang tidak memilih sesuai tiga fungsi DPR.

Ditambahkan penulis Novel ‘Aku’ ini, dirinya akan membangun kerja sama dengan Partai Nasdem untuk memperjuangkan aspirasi rakyat. Kepada semua pendukung untuk menjalankan aktifitas sehari, menjalin persaudaraan kembali karena politik telah usai.  

“Saya masih tetap setia pada Partai Nasdem. Politik sudah selesai,  ya marilah mempererat kembali persaudaran,  saling memaafkan dan membangun kabupaten Belu dan NKRI.  Politik telah usai. Ya,  Saya sebagai tukang kayu akan kembali menjalankan aktivitas,”Pungkasnya (R1).