Di Kecamatan Io Kufeu Dinsos Malaka Buka Ruang Jaring Aspirasi Program BPNT

Kadis Sosial Kabupaten Malaka, Folgentius Bere Fahik, S. Pd, M.A.P (tengah)

Malaka, Pelopor9.com - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Malaka membuka ruang penjaringan aspirasi terkait pelaksanaan program Perluasan Sembako Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Penjaringan aspirasi pelaksanaan program BPNT dilakukan dalam kegiatan penyerahan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan buku tabungan kepada keluarga penerima manfaat (KPM).

 

Kadis Sosial Kabupaten Malaka, Folgentius Bere Fahik, S. Pd, M.A.P dalam tatap muka bersama warga Kecamatan Io Kufeu di Kantor Desa Tunabesi, Senin (6/12/21) mengatakan KKS dan buku tabungan Program BPNT diserahkan kepada 6. 588 KPM yang tersebar di 125 desa Kabupaten Malaka. "Untuk Kecamatan Io Kufeu, sebanyak 382 kepala keluarga yang tersebar di tujuh desa, terima KKS dan buku tabungan untuk selanjutkan diterimakan BPNT," kata Folgen, demikian akrab dikenal.

 

Saat ini, kata Folgen Dinas, pendamping dan pelaksana program BPNT berkeliling dari desa ke desa, kecamatan ke kecamatan sejak 26 Oktober 2021 untuk menyerahkan KKS dan buku tabungan sambil mendengar dan menyerap aspirasi masyarakat terkait pelaksanaan program BPNT. "Masyarakat senang dan sejauh ini belum ada keluhan dan klaim KPM," ujarnya.

 

Meski demikian, lanjutnya Dinas terus mendampingi para pengelola program, agar penyerahan KKS dan buku tabungan sesuai Data Terpadu Keluarga Sejahtera (DTKS) yang sudah diverifikasi dan divalidasi. Selanjutnya, Dinas menjalankan tugas dalam mengawasi program agar berjalan sesuai Prinsip 6 (enam) Tepat, yakni Tepat Kualitas, Harga, Jumlah, Waktu, Sasaran, dan Administrasi. "Sehingga, kalau ada keluhan dan klaim dari masyarakat, Dinas Sosial siap terima untuk diatasi," jelas Folgen. (R-1/ans)