Ketua DPRD dan Bupati Sabu Raijua Dukung Tenun Ikat Raijua

Raijua, Pelopor9.com – Tenun Ikat Raijua dinilai mempunyai kualitas yang sangat bagus. Sehingga nilai jual dari sarung atau kain yang dihasilkan oleh penenun Raijua, mempunyai nilai yang cukup tinggi, dibanding dengan harga sarung atau kain hasil tenunan dari kecamatan lain, seperti Hawu Mehara dan lainnya.

 

Selain itu, ada beberapa motif yang merupakn motif para leluhur yang tidak bisa sembarang orang pakai ataupun menirunya. Motif ini sesuai dengan hubi atau turunan. Dimana Hubi Ae merupakan turunan bangsawan dan Hubi Iki adalah turunan masyarakat biasa. Motif tenunannya berberbeda. Selain itu, motif umum yang dipakai oleh semua kalangan.

 

Ketua DPRD Sabu Raijua, Paulus Rabe Tuka, mendapat dukungan dan apresiasi, walaupun harganya yang terbilang mahal, tetapi banyak yang berminat membeli. Ini terbukti, orang melihat kualitasnya sehingga harga tidak menjadi masalah.

 

“Saya bangga dengan tenun ikat Raijua, orang akan cari tenun ikat Raijua walau harga malah. Kualiatsnya bagus dan ini harus dipertahankan”kata Paulus Tuka saat Musrenbang Raijua, Selasa (22/3/22).

 

Dirinya meminta agar, masyarakat Raijua terutama para penenun perlu mendapatkan dukungan dari pemerintah, terutama dalam hal anggaran. Supaya para pengrajin tenun bisa memproduksi dalam jumlah yang banyak.   

 

“Kita minta pemerintah untuk mendukung ibu-ibu penenun ini dengan anggaran. Supaya lebih banyak lagi produksi kain, hasilnya dapat meningkatkan ekonomi keluarga”kata dia.

 

Sementara Bupati Sabu Raijua, Nikodemus Rihi Heke dalam kesempatan itu mengatakan bahwa Pemerintah Sabu Raijua mempunyai program pemberdayaan untuk mendukung para penenun tenun termasuk di Raijua.

 

“Ada program tenun ikat, harus ada pemberdayaan dari pemerintah dan kalau ada uang maka harus didukung dengan anggaran tapi kalau tidak ada maka harus dibatasi”ujarnya

 

 

Bupati meminta agar tetap menjaga kualitas, agar nilai dan harga tetap dipertahankan. Karena dengan sendirinya, pembeli akan menilai tentang karena itu tentang sebuah seni.

 

“Kualitas harus tetap jaga, kitab isa lihat harga tenunan Sumba harganya cukup tinggi karena ada nilai seni nya juga disana dan itu pembeli tidak tanggung untuk membeli sekalipun harganya tinggi”ujar dia (R-2)