Minat Siswa Baru SMAN 1 Raijua Melebihi Rombel

Papan Nama SMAN 1 Raijua

Raijua, Pelopor9.com - Minat Calon Siswa baru pada SMA Negeri 1 Raijua Sabu Raijua tahun ini sangat tinggi. Terbukti hingga saat ini sudah tercatat 172 orang mendaftar dan sudah melebihi Rombongan Belajar (Rombel). Jumlah tersebut masih bisa bertambah mengingat banyak yang mengambil formulir pendaftaran.

 

Demikian disampaikan Sekretaris Panitia Penerimaan Siswa Baru SMA Negeri 1 Raijua, Kirenius Kana Bile, kepada Pelopor9 disela-sela penerimaan siswa baru, kamis (11/7/19).

 

Menurutnya bahwa penerimaan siswa baru sudah dibuka sejak tangga 1-10 Juli tetapi hingga saat ini masih banyak calon siswa baru yang datang daftar. Pihak sekolah melalui panitia masih memberikan kesempatan kepada calon siswa untuk mengisi formulir pendaftaran.

 

“Yang daftar di SMA Negeri 1 Raijua sudah mencapai 172 orang, melebihi dari jumlah Rombongan Belajar (rombel). Kita hanya punya 3 rombel dengan daya tampung maksimal 108 orang siswa. Jadi daya tampung rombel kita terbatas maka kita membuka ruang seluas-luasnya dalam menerima siswa baru,”ujarnya.

 

Lanjutnya, sekalipun daya tampung terbatas tetapi pihaknya akan terus berupaya supaya semua yang daftar bisa diakomodir. Mengingat untuk Kecamatan Raijua hanya satu SMA dan semua punya hak untuk mengenyam pendidikan di jenjang pendidikan SMA. Baginya generasi muda Raijua harus bisa lanjutkan sekolah dan kekurangan rombel bukan jadi kendala yang sangat berarti.

 

“Anak Raijua harus bisa sekolah jadi kita usaha semaksimal mungkin agar semua bisa diterima dibangku SMA Raijua. Soal ruangan kita akan bicarakan dengan Kepala Sekolah. Di bawah pohon pun kita akan belajar kalau memang sudah tidak ditampung lagi di ruangan karena terbatas. Kita tidak ingin ada yang kecewa terlebih orang tua calon siswa,”ujarnya.

 

Untuk diketahui Jumlah Rombongan Belajar berdasarkan rasio peserta didik dan jumlah Rombongan Belajar Dapodik 2016 berdasarkan Permendikbud No. 22 tahun 2016 yakni untuk SD/MI per Rombel maksimal 28 peserta didik, SMP/MTs per Rombel maksimal 32 peserta didik, SMA/MA maksimal 36 peserta didik, SMK maksimal  36 peserta didik, SDLB maksimal 5 peserta didik, SMPLB maksimal 8 peserta didik, dan SMA LB maksimal 8 peserta didik, (R2/jom).