Saluran Irigasi Jebol, Puluhan Hektar Sawah di Raeloro, Sabu Raijua Terendam Banjir

Saluran Irigasi di Desa Raeloro jebol akibat hujan deras yang mengguyur Sabu Raijua

Menia, Pelopor9.com - Hujan deras yang mengguyur Sabu Raijua pada Sabtu malam hingga pada sabtu pagi, (3/4/21) mengakibatkan jebolnya saluran irigasi di desa Raeloro Kecamatan Sabu Barat. Hingga puluhan hektar sawah terndam banjir.

 

Pantauan media ini, sabtu (3/4/21), pemilik lahan terlihat berada dilokasi menyaksikan sawah mereka yang terendam banjir. Namun tidak biaa berbuat banyak, hanya biaa berupaya untuk membuat pembuangan agar air bisa berkurang.

 

Terlihat juga, ada padi yang sudah berbulir dan berisi, diperkirakan dalam beberapa minggu kedepan sudah panen apabila tidak ada hujan seperti saat ini.

 

Kepala Desa Raeloro, Rafaeh Heke Logi Buke kepada media ini, berharap Dinas terkait segera mengambil langkah, agar tidak terjadi kerugian yang cukup beaar akibat masalah tersebut.

 

"Kita harap pemerintah bisa bertindak secepatnya, supaya tidak terjadi kerusakan lebih besar lagi"kata dia

 

Dirinya berujar, jebolnya saluran irugasi tersebut, akibat dari derasnya hujan yang mulai mengguyur desa Raeloro dari malam hingga pagi.

 

Dirinya sangat berharap, tahun ini para petani bisa mendapatkan berkat yang melimpah karena curah hujan yang banyak, para petani bisa menanam tanpa harus berpkir akan kekuarangan air.

 

"Tahun kemarin kita kekurangan air, tahun ini kita dapat berkar yang melimpah, petani tidak lagi kekurangan air pada musim panas"ujarnya

 

Ama, salah seorang yang berada dilokasi, juga berharap agar pemerintah bisa secepatnya mengambil tindakan, sehingga sawah yang ada disekitar tidak terendam banjir berkepanjangan.

 

"Semoga saluran yang jebol ini, bisa segera diperbaiki supaya kalau banjir datang juga, sawah tidak lagi terendam banjir separah ini"harapnya.

 

Sementara Oktovanus Rohi Riwu, salah satu petani mengatakan bahwa padi miliknya sudah siap panen, tetapi karena hujan deras dalam semalam, akhirnya terendam banjir.

 

"Saya punya ada dibagian sebelah sana. Sudah terendam dari tadi malam dan tidak tau lagi, kami banjrnya berkurang"sambil tunjukan sawah milikya.

 

Untuk saluran yang jebol tersebut, menurutnya karena hujan yang sangat deras dan arus air dari yang datang tidak bisa lagi menahan saluran. Akibatnya saluran jebol.

 

"Banjir ini tidak bsa dihindari, sekalipun salurannya tidak jebol, sawah yang ada di sekitar sini pasti terndam"ujar dia.(R-2)