PLN Pasang 927 Meteran Gratis di Rote Ndao

Ilustrasi

Rote Ndao, Pelopor9.com - Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus mengebut ratio elektrifikasi atau Rumah Tangga Berlistrik  di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Khusus kabupaten Rote Ndao, telah memasang 927 sambungan rumah atau meteran baru secara gratis.

 

Secara keseluruhan untuk wilayah NTT, PLN memberikan Corporate Social Responsibility (CSR) bagi 11 ribu  pelangan pemasangan gratis. Program ini mewujudkan Indonesia terang dengan membangun infrastruktur ketenagalistrikan hingga pelosok terluar, tertinggal dan terpencil.

 

“Pelangan yang masuk dalam CSR adalah mereka yang didata oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), jadi Rote Ndao dapat jatah 927 KK,”ujar Ignatius Rendroyoko, General Manager PLN UIW NTT saat berdialog dengan wakil Bupati Rote Ndao Stefanus Saek di ruang kerjanya, Rabu (18/06/19)

 

Dikatakannya, hingga Juni 2019, ratio elektrifikasi kabupaten Rote Ndao baru 68 persen dari yang ditargetkan menteri Energi dan Sumberdaya 91 persen pada tahun 2019.

 

Ia mengatakan para pelangan yang mendapat CSR  gratis tanpa bayar, para pelangan  itu di data oleh TNP2K, semua 11 ribu masyarakat diwilayah NTT yang tidak mampu, Rote Ndao mendapat jatah 927 KK pemasangan baru secara gratis 

 

Secara umum, kata Dia, kabupaten Rote Ndao sudah 42 desa telah tersambung listrik. Ditargetkan sebelum Agustus, banyak desa yang sudah nyala desa berlistrik 100 untuk seluruh NTT termasuk Rote Ndao. Sementara untuk pulau yang tidak terjangkau PLN ada dibangun PLTS komunal, listrik bisa dinikmati 24 jam.

 

Wakil Bupati Rote Ndao, Stefanus Saek, berterima kasih kepada Kementerian ESDM melalui PLN yang telah memperhatikan Kabupaten Rote Ndao. Dikatakannya, program pemerintah pusat sudah sejalan dengan visi misi Bupati dan wakil bupati Rote Ndao.

 

“Pemerintahan lima tahun kedepan juga punya visi dan misi yang sama agar Rote Ndao bersinar, sehingga program pemerintah Pusat kami respon baik. Sehingga kami berharap semua stakeholder di Rote Ndao mendukung agar Rote Bersinar,”ungkap Stefanus

 

Hadir dalam Kunjungan Kerja General Manager PLN UIW NTT, Ignatius Rendroyoko (General Manager PLN UIW NTT), Arif Rohmatin (Manager UP3 Kupang), Sulistyoadi Nikolaus (Manager Sub Bagian Komunikasi), Marselinus T. Guwang (Manager ULP Rote Ndao), Made Rai Karyasa (Manager Jaringan UP3 Kupang) dan Sulaiman (Analyst Perencanaan UIW NTT), (R-1/dio)