Bupati Sabu Raijua Berencana Bangun Taman Pahlawan

Nikodemus Rihi Heke

Menia, Pelopor9.com - Bupati Sabu Raijua, Nikodemus Rihi Heke mempunyai impian agar di Sabu Raijua mempunyai “Taman Pahlawan”. Dan untuk mewujudkan ini membutuhkan dukungan dari DPRD Sabu Raijua dalam hal anggaran. Pemerintah telah mendapatkan lahan dari salah seorang masyarakat Sabu Liae untuk lokasi “Taman Pahlawan”.

 

“Kita mempunyai begitu banyak pahlawan baik pahlawan perintis kemerdekaan, pahlawan kemerdeka dan masih bnayak pahlawan kita yang telah berjuang selama ini dan mengharumkan nama Sabu Raijua. Kita ingin ada Taman Pahlawan disni (Sabu Raijua),”ujar Bupati Sabu Raijua pada pembukaan Pameran Pembangunan dan Malam Kesenian di Pasar Rakyat Nataga, Jumat (9/8/19).

 

Menurut bupati, di dalam Taman Pahlawan tersebut nantinya semua pahlawan dari Sabu Raijua ditempatkan dalam taman. Bukan kuburan akan tetapi Prasasti berisikan nama-nama pahlawan. Sehingga masyarakat yang berkunjung bisa mengetahui dan mengenal para pahlawan Sabu Raijua.

 

Bupati mengaku bahwa, pemerintah telah mendata semua nama-nama para pahlawan asal Sabu Raijua, karena pada prinsipnya pemerintah menghargai perjuangan para pendahulu.

 

“Kita harus hargai para pahlawan, untuk orang Sabu, bagi yang  meninggal di luar Sabu akan diambil Rukattu nya ke Sabu Raijua dan keluarga sudah lakukan itu, sekarang pemerintah lakukan lagi karena kita ingin agar semua para pahlawan kita ada dalam satu Taman yaitu taman Pahlawan, bukan Taman Makam Pahlawan,” pintanya

 

Untuk diketahui, Sabu Raijua telah memberikan kontribusi nyata dalam memperjuangkan Indonesia Merdeka, di antaranya mulai dari pahlawan Perintis Kemerdekaan, Pahlawan Kemerdekaan dan pahlawan pembangunan, ada Martin Paradja, Julian Hendrik (Ludji He), IH Doko, ER Herewila, El Tari dan beberapa Pahlawan lain seperti Riwu Ga sang terompet kemerdekaan, sekalipun belum disahkan sebagai pahlawan, (R-2/jom).