KM Cantika Lestari 10C yang Karam Belum Dievakuasi, Dermaga Seba Mulai Rusak

Kondisi KM Cantika Lestari 10c yang Karam di Pelabuhan Seba Minggu 18 April 2021

Menia, Pelopor9.com – Bangkai Kapal KM Cantika Lestari 10C yang karam di Dermaga Seba Kabupaten Sabu Raijua Propinsi Nusa Tenggara Timur, sejak 5 April 2021 belum dievakuasi.

 

Pantauan media ini, Minggu (18/04/2021) pukul 17.00 Wita, tampak kapal menghalangi Landing Deck yang digunakan kapal Ferry ASDP untuk bongkar muat, menurunkan dan menaikan kendaraan.

 

Bagian depan kapal Cantika sudah berada di atas Landing Deck Dermaga. Kondisi Landing Deck terlihat mulai retak, akibat beban dari kapal dan hantaman ombak. Sementara bagian belakang Kapal terendam air.

 

Karet Fender yang menahan benturan kapal ke dinding dermaga sudah terlepas. Akibatnya plat dinding dermaga mulai rusak.

 

Diberitakan sebelumnya, Ketua DPRD Sabu Raijua, Paulus Rabe Tuka mendorong percepat evakuasi KM Cantika 10C yang karam di Pelabuhan Seba pada Senin (5/4/21). Hal ini dilakukan, mengingat satu-satunya pelabuhan laut yang menjadi tempat berlabuh Kapal Ferry milik ASDP.

 

“Kita dorong agar Evakuasi dipercepat. Kalau tidak, maka akan menghambat arus lalintas laut di Pelabuhan laut,”kata Paulus Rabe Tuka kepada media ini, Selasa (6/4/21).

  

Staf Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Seba, Muhamad Hamdan Tahir kepada media ini diruang kerjanya, mengaku bahwa saat ini sudah dilakukan kordinasi ke Perhubungan Pusat tentang karamnya KM Cantika Lestari 10C di Pelabuhan Seba dan akan dilakukan evakuasi setelah cuaca tenang.

 

KM Cantika Lestari 10C, karam pada Senin (5/4/21) pukul 17:00 Wita. Ketika dihantam angin kencang dan gelombang tinggi akibat badai Seroja. Para ABK sementara. Namun kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah. (R-1)