Meriahkan HUT RI, Desa Bolua Tampilkan Tarian Adat

Kepala desa Bolua, Markus Tuka (kiri) bersama Penari

Bolua, Pelopor9.com - Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-74 di Kecamatan Raijua Sabu Raijua. Masyarakat desa Bolua antusias dalam menampilkan tarian Ledo Hawu dan Padoa.

 

“Masyarakat Desa Bolua sangat antusias dengan kegiatan-kegiatan yang dilaskanakan oleh Panitia Parayaaan HUT RI ke-74 di Kecamatan Raijua. Di antaranya Loma tarik tambang, Pedoa, Ledo Hawu. Sebagai kepala desa, saya mendukung penuh semua kegiatan ini sejak awal,”ujar Kepala desa Bolua, Markus Tuka kepada Pelopor9.com, Rabu (21/8/19).

 

Menurutnya, kegiatan seperti Ledo Hawu, Pedoa merupakan seni budaya Raijua yang harus dilestarikan. Karena itu, dirinya memberikan apresiasi dan dukungan kepada peserta dari Desa Bolua.  

 

“Cari juara itu penting, tetapi yang lebih penting tampilkan yang terbaik. Karena kita saat ini punya niat untuk lestarikan nilai-nilai luhur. Budaya yang telah diciptakan oleh nenek moyang tetap dijaga salah satunya lewat pertunjukan dalam lomba-lomba yang diadakan oleh panitia HUT RI ke 74 ini,”pungkasnya.

 

Dirinya merasa bangga dengan semangat kemerdekaan ditunjukan oleh masyarakat desa Bolua, semua punya niat dalam menyukseskan HUT RI ke 74 di Kecamatan Raijua. Ini dibuktikan dengan keikutsertaan masyarakat dalam setiap kegiatan, tanpa harus diminta.

 

“Saya sangat bangga karena semangat kemerdekaan itu masih dirasakan oleh masyarakat sampai saat ini. Mereka bergerak tanpa diminta dalam menyukseskan kegiatan ini. sayapun selalu bersama mereka karena mereka masyarakat saya yang harus didukung sepenuhnya,”tandasnya.

 

Sementara Hendrik Afian Wiliam Duli, salah satu peserta kegiatan dari Desa Bolua, mengaku bangga dapat mengikuti setiap tahapan kegiatan. Kata dia, dengan mengikuti lomba sudah berkontribusi meneruskan adat istiadat yang diwaris oleh leluhur.

 

“Kita bangga bisa dapat dipercaya ikut kegiatan ini, ini tidak terlepas dari dukungan penuh bapak Kepala desa, yang selama ini selalau berada bersama kami, baik ditempat latihan dan juga pada saat tampil,”ujarnya.

 

Menurutnya, keikutsertaan dalam setiap lomba, tidak untuk juara, tetapi mendapatkan kepercayaan untuk tampil sudah menjadi hal yang luar biasa.

 

“Kita tidak perlu cari juara, kita ingin tampil untuk memeriahkan. Sebagai rasa syukur atas semua yang telah dikobrbankan oleh para pahlawan untuk mencapai Indonesia Merdeka,”tutupnya. (R-2/Jom).