Serbuan Vaksinasi Lantamal VII Kupang: 1000 Warga Kecamatan Kelapa Lima Terlayani

Salah Penerima Vaksin Sementara Divaksin dari Petugas, Foto: PKP/ans

Kupang, Pelopor9.com – Sebanyak 1000 orang warga dari empat kelurahan yang ada di Kecamatan Kelapa Lima menerima layanan vaksinasi tahap pertama dari program serbuan vaksinasi yang digelar Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VII Kupang.

 

Vaksinasi berlangsung selama tiga hari, sejak Rabu (14/7) hingga Jumat (16/7/21).  Empat kelurahan yang dilayani antara lain, Kelurahan Kelapa Lima, Kelurahan Oesapa, Kelurahan Oesapa Barat dan Kelurahan Oesapa Selatan.

 

Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man saat turun langsung memantau pelaksanaan vaksinasi yang berlangsung di Hutan Mangrove, Oesapa Barat, Jumat (16/7) memberi apresiasi kepada Lantamal VII Kupang yang telah membantu Pemerintah Kota Kupang dalam upaya penanganan Covid 19 lewat program serbuan vaksinasi. 

 

Menurutnya program serbuan vaksinasi ini sebenarnya bisa dianalogikan seperti perang melawan covid. Dengan vaksinasi setiap orang membentengi diri agar terlindung dari serangan virus covid 19. Wawali juga mengakui pelaksanaan vaksinasi di lokasi tersebut jauh lebih tertib dibanding pelaksanaan vaksinasi massal di tempat lain sebelumnya, berkat pengawalan langsung dari para anggota Lantamal VII Kupang.

 

Warga diimbau untuk selalu mematuhi protokol kesehatan secara ketat guna mencegah munculnya klaster penyebaran covid 19 baru akibat antrean vaksinasi massal.

 

Kepada warga yang sedang mengantre untuk divaksin, Wawali berharap agar kesediaan mereka untuk divaksin bukan karena tuntutan ketentuan yang mewajibkan kartu/sertifikat vaksin sebagai salah satu syarat urusan adminstrasi dan perjalanan, namun lebih dari kesadaran untuk mendukung upaya memutus rantai penyebaran covid 19. Selain divaksin, Wawali yang juga adalah seorang dokter mengimbau kepada warga untuk tidak lupa mengonsumsi makanan yang bergizi dan buah-buahan untuk meningkatkan imun tubuh.

 

Kadis Potensi Maritim Lantamal VII Kupang, Letkol Marinir Bire Ferry Radjapono, yang turut memantau pelaksanaan vaksinasi tersebut menyampaikan vaksinasi yang ditargetkan bagi 1000 orang warga di 4 kelurahan tersebut berlangsung selama tiga hari.

 

Adapun tenaga kesehatan yang mereka siapkan untuk pelayanan vaksin berasal dari tim kesehatan Lantamal VII Kupang, Rumah Sakit AL Samoel J. Moeda Kupang serta tenaga kesehatan dari  Dinas kesehatan Lantamal  VII Kupang. Vaksin yang diberikan adalah vaksin sinovac untuk dosis yang pertama. Letkol Bire mengapresiasi animo warga Kecamatan Kelapa Lima yang begitu antusias datang untuk divaksin.

 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban Kecamatan Kelapa Lima, Richardo Z. Therik, Lurah Kelapa Lima, Yustinus Kahan, Lurah Oesapa Barat, Christian E. Chamdra serta Lurah Oesapa, Kiai Kia yang mendampingi warga masing-masing hingga selesai vaksinasi. (R-1/PKP/ans)