Mangkatnya Raja Kusa, Theodorus Yosep Mauk akan Dinobatkan Nai Kusa Tuan

Theodorus Yosep Mauk

Malaka, Pelopor9.com - Raja Pemangku Adat Sonaf (red, istana) Kusa, Markus Manek Tuna mangkat. Theodorus Yosep Mauk akan dinobatkan menggantikan mendiang menjadi "Nai (red, raja) Kusa Tuan. Penobatan Theodorus menjadi Raja Kusa Tuan akan berlangsung dalam prosesi dan ritual adat yang dilaksanakan sepuluh suku rumah adat dalam Sonaf Kusa.

 

Perwakilan sepuluh suku Sonaf Kusa, Markus Bouk ketika ditemui wartawan usai pemakaman Raja Kusa, Markus Manek Tuna di Desa Kapitan Meo Kecamatan Laenmanen Kabupaten Malaka, Kamis (12/8/21) mengatakan Sonaf Kusa dan Sonaf Tesa berdukacita atas meninggalnya Nai Kusa Tuan. Mangkatnya Raja Kusa tidak berarti kekosongan jabatan pemangku adat Raja Kusa.

 

Dalam trasisi adat setempat, kata Markus sudah ada penggantinya yang diberi mandat sesuai tradisi adat secara turun-temurun untuk menggantikan Raja Kusa yang baru saja mangkat. "Dan itu, Nai Theodorus. Tadi sudah dilakukan ritual sebelum pemakaman Raja Kusa lewat upacara mohon restu mendiang Raja Kusa," kata Markus.

 

Selanjutnya, penobatan Nai Theodorus menjadi Raja Kusa akan dilakukan melalui prosesi dan ritual adat yang dihadiri sepuluh suku Sonaf Kusa. "Kami akan duduk bersama untuk laksanakan ritual adat sebagai tanda penobatan Raja Kusa setelah Raja Markus Manek Tuna meninggal," kata Markus, perwakilan Suku Mesit, salah satu suku terbesar dalam Sonaf Kusa.

 

Terkait upacara dan tanda penobatan Theodorus sebagai Raja Kusa, akan dilaksanakan melalui upacara Napiru (red, ikat destar) setelah persiapan-persiapan yang dilakukan di Sonaf Kusa yang beralamat di Butero Desa Kusa Kecamatan Malaka Timur. (R-1/ans)