Diduga Dikerjakan tidak Sesuai RAB, Wakil Bupati Sabu Raijua Perintahkan Bongkar

Wakil Bupati Sabu Raijua, Yohanis Uly Kale saat bongkar lapangan Serba Guna di SD Inpres Moliae dengan linggis, Foto: Istimewa

Menia, Pelopor9.com – Wakil Bupati Sabu Raijua, Yohanis Uly Kale, meminta kontraktor Pelaksana proyek pekerjaan  pembangunan lapangan serba guna pada SD Inpres Molie di Kecamatan Hawu Mehara, untuk bongkar dan dikerjakan ulang. Diduga dikerjakan asal jadi dan tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

 

"Proyek itu dari Kementerian, dia (kontraktor) ada dapat sekitar 4 lokasi di Sabu Raijua. Dan yang di SD Inpres Molie, salah satunya adalah Lapangan Serba Guna, tidak menggunakan kerikil, cuman pasir saja. Sehingga pengecorannya tidak sesuai dengan spesifikasi. Saya minta mereka untuk gali ulang dan segera diperbaiki” Ujar Wakil Bupati Sabu Raijua, Yohanis Uly Kale yang dikonfirmasi oleh media, minggu (10/10/21)

 

Ditegaskannya, semua pembangunan yang ada di Sabu Raijua, dibangun dengan menggunakan uang rakyat. Karena itu, asas manfaatnya harus benar-benar dirasakan oleh rakyat pada umumnya dan khususnya bagi generasi muda Sabu Raijua.

 

“Pembangunan yang ada, semuanya dibangun dengan uang rakyat. Jadi, harus tepat sasaran dan bermanfaat bagi rakyat pada umumnya dan khusus bagi generasi muda Sabu Raijua”tegas Politisi PKB ini.

 

Wakil Bupati juga, meminta seluruh masyarakat Sabu Raijua untuk melakukan pengawasan secara bersama dengan pemerintah daerah. Supaya, kontraktor pelaksana bekerja sesuai dengan spesifikasi yang ada untuk setiap pekerjaan.

 

"Saya minta, seluruh masyarakat  mengawasi proyek yang dikerjakan oleh kontraktor. Kontraktor harus kerja dengan benar. Jangan hanya mikir untung, tapi harus bekerja sesuai RAB yang ada . Saya tidak mau proyek dikerjakan asal jadi karena korbannya adalah masyarakat," tegasnya

 

Wakil Bupati juga juga akui, bahwa saat ini masih ada beberapa pekerjaan yang belumselesai dikerjakan (terlambat). Dirinya berjanji, keedepan akan terus melakukan control dilapangan untuk memastikan setiap pekerjaan berjalan lancar dan dikerjakan tepat waktu.

 

"ada beberapa pekerjaan yang  mengalami keterlambatan. Kedepan, kita akan lakukan monitoring secara berkala" tegasnya lagi.

 

Terpisah, Tokoh masyarakat Sabu Raijua, Ruben Kale Dipa menilai apa yang dilakukan oleh oleh Wakil Bupati sangat tepat dan harus didukung. Karena, menurutnya masih banyak pekerjaan di sabu Raijua yang dikerjakan asal jadi dan tidak sesuai RAB.

 

“Saya sebagai Masyarakat Sabu Raijua, salut dan dukung atas perhatian serius Wakil Bupati degan proyek di Sabu Raijua yang tidak sesuai RAB”kata mantan Ketua DPRD ini.

 

Dikatakannya lagi, perintah untuk bongkar kembali sudah sangat tepat dan Dinas terkait harus segera tindaklanjuti. Sehingga kontraktor pelaksana memperbaiki dan dikerjakan sesuai dengan RAB yang ada. Menurutnya, masih ada pekerjaan yang dikerjakan asalah jadi, pekerjaan ruas jalan seperti sarang laba-laba lalu ditutup dengan pasir.

 

“Coba keliling saja  di semua Kecamatan,harapan kami kepada Komisi 3 DPRD Sabu Raijua segera bergerak bersama Wakil Bupati awasi semua proyek yang sedang dikerjakan. Karena, ada Kontraktor nakal,kini saatnya untuk kerja jujur dan kerja benar sesuai RAB” ujar mantan wakil Ketua DPRD Sabu Raijua ini.

 

Untuk diketahui, Vidio Wakil Bupati Sabu Raijua Yohanis Uly Kale melakukan monitoring dan diampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (PKKO) Sabu Raijua, Rachel Bilik Tallo, Sabtu (9/10/21). Menjadi viral di media sosial dan mendapat apresiasi dari netizen karena melakukan aksi pembongkaran pada pekerjaan lapangan serba guna pada SD Inpres Molie.

 

Sampai berita diturunkan, media ini belum mendapat data tentang kontraktor pelaksana dan nilai proyek pada pekerjaan tersebu. Diketahui, Proyek ini dari Kementerian PUPR yang ditangani langsung oleh Balai Prasaran Permukiman wilayah NTT.(R-2).