Dinas Pendidikan Malaka Imbau Tetap Lakukan Pembelajaran Tatap Muka Taat Prokes Covid-19

Malaka, pelopor9.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Malaka mengimbau agar semua elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah tetap melakukan pembelajaran tatap muka dengan menaati Protokol Kesehatan (Prokes) Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

 

Himbauan ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Malaka, Yohanes Klau, S. Ip terkait Pekan Serahterima Jabatan (Sertijab) kepala sekolah SD dan SMP ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (18/1/22).

 

Dikatakan, pergantian dan sertijab kepala sekolah sebagai hal yang wajar dalam penataan birokrasi dan pelaksanaan tugas-tugas fungsional sesuai tujuan dan kepentingan Dinas.

 

"Kepala sekolah itu jabatan fungsional sebagai penugasan dari atasan. Ini bentuk kepercayaan yang diberikan untuk dilaksanakan sesuai tugas dan tanggung jawab," kata Yohanes.

 

Meski masih dalam masa pandemi Covid-19, kata Yohanes sekolah tetap menyelenggarakan pembelajaran tatap muka dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19, disiplin jam masuk dan keluar sekolah yang dibuktikan dengan absensi kehadiran guru, siswa dan tenaga kependidikan. Selain itu, perlunya penataan wajah lingkungan sekolah.

 

"Bagaimana dengan pagar sekolah, kebersihan dan keindahan halamannya," ujarnya sambil menambahkan kegiatan UKS sekolah perlu diaktifkan kembali.

 

Untuk itu, Yohanes berharap kepercayaan menjalankan tugas dan tanggung jawab seorang 1kepala sekolah harus melibatkan semua elemen satuan pendidikan di sekolah seperti siswa, guru, tenaga kependidikan, orang tua dan komite sekolah.

 

"Karena Dinas sebagai perpanjangan tangan pemerintah akan melakukan pengawasan secara berjenjang dan secara langsung akan dilakukan komite sekolah," kata Yohanes. (R-2/ans)