Gubernur VBL Dinobatkan Jadi Mone Hawu Raijua

Viktor Bungtilu Laiskodat (keempat kiri)

Menia, Pelopor9.com - Mone Ama atau tokoh adat dari 6 wilayah adat di Sabu Raijua menobatkan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) menjadi Mone Hawu Raijua.

 

Penobatan ini, dilakukan usai acara pembukaan dan Parade budaya, Festival Jelajah Pesona Kelabba Maja di Pantai Napae, Senin (9/9/19).

 

Para Mone Ama menggelar ritual adat Hoda. Mone Ama memanjatkan syair dalam bahasa daerah. Selanjutnya, gubernur VBL dipakai pakaian dari tenunan kas Sabu Raijua.

 

Gelar Mone Hawu Raijua sebagai tanda bahwa Gubernur VBL adalah putra Sabu Raijua. Sebagai tokoh Sabu Raijua yang akan mendukung dan membangun Sabu Raijua lebih baik.

 

Gub VBL mengaku bangga dan berterimakasih atas penghargaan dan penobatan itu. Dengan gelar Mone Hawu Raijua, dirinya mempunyai tanggungjawab membangun Sabu Raijua. Juga sebagai putra daerah Sabu Raijua.

 

"Terimakasih atas penobatan ini dan sebagai anak Sabu Raijua, saya mendorong pemerintah daerah untuk intervensi di Kelabba Maja" ujarnya.

 

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sabu Raijua, Wellem Lukas Rohi, mengatakan penobatan itu merupakan pertama kali dalam sejarah orang Sabu Raijua. Belum ada tokoh yang diberi gelar kehormata.

 

“Penobatan ini adalah sebuah penghargaan dan penghormatan orang Sabu Raijua kepada Bapak Gubernur,"katanya. (R-1/fwd).