Indonesia Mengajar Pamit, Ini Rangkain Kegiatan PM Angkatan 4 di Sabu Raijua

Menia, Pelopor9.com – Selama 4 Tahun Yayasan Indonesia Mengajar (Angkatan I,II, III dan IV), menempatkan Pengajar Muda (PM) sebanyak 6 orang tiap tahunnya. Selama 4 tahun terdapat 6 Sekolah Dasar (SD) yang menjadi sekolah sasaran, diantaranya di Kecamatan Raijua, SDN Lokojuli dan SDN Ledeke 2, Kecamatan Hawu Mehara, SDK Perema dan SDN Lobolauw,

 

Di Kecamatan Sabu Liae, SD GMIT Menangado dan Kecamatan Sabu Timur, SDN Keliha.

Angakatan ke IV PM, angakatn terakhir Yayasan Indinesia Mengajar ada di Sabu Raijua, sekama setahun (Februari 2021-Februari 2022) di Sabu Raijua, banyak kegiatan yang telah dilakukan, terlebih dalam bidang pendidikan.

 

Dalam paparannya didepan Bupati Nikodemus Rihi Heke, Ketua Yayasan IM, Hikmar Hardono, para Asisten, Kadis PKKO Sabu Raijua, Rachel B. Tallo, Para Camat, Kepala Desa dan Kepala Sekolah, saat pamitan di Auala Kantor Bupati, Rabu (16/2/22) yang disampaikan oleh perwakilan IM, Iksan, Ramdhan N.P. Wira U dan Gitta Indreswari

 

Pemuda Mengajar IM Iksan,  dalam paparannya mengatakan, kedatangan PM di Kabupaten Sabu Raijua,  memiliki satu tujuan untuk ikut andil dalam memajukan Pendidikan di Sabu Raijua, salah satu janji pada Ibu Pertiwi. Melihat dan memahami bagaimana Indonesia yang indah ini.

 

Dikatakannya, bersama dengan berbagai pihak dengan semangat yang sama, untuk memajukan Pendidikan di Sabu Raijua, baik di Desa, Kabupaten yang dengan setia membersamai, membuat merka semangat dan percaya bahwa kemajuan pendidikan perlahan-lahan akan dicapai dengan bergerak bersama.

 

Disebutkannya, perjalanan Pengajar Muda di Kabupaten Sabu Raijua sudah memasuki tahun ke-empat, yang merupakantahunterakhir. Pengajar Muda Angkatan XIV (I) Agustus 2017 – Agustus 2018 yakni Harlan, Valen, Yusli, Devi, Dedi, dan Jonathan.

 

Pengajar Muda Angkatan XVI (II) Agustus2018 -Agustus2019 yakni Eko, Nurul, Cindy, , Nurul, Cindy, Yani, Adyt, dan Dargo. Pengajar Muda Angkatan XVIII (III) Agustus2019 -Agustus 2020 yakni Devi, Ben, Ende, Basa, Icha, dan Sukma

 

Disampaikannya, sejak 27 April 2021 hingga 30 Agustus 2021 PM telah melaksanakan berbagai kegiatan di Sekolah diantaranya, Kegiatan Tanggap Bencana di SDN Ledeae dan SDN, Pelatihan Ruang Sahabat Anak di Desa Ledeke, Sabu Liae, Menangado Menginspirasi di SD GMIT Menangado

 

Selain itu, Kegiatan Belajar dan Bermain(KBB) Pantai Kepo Pantai Kepo, Desa Hallapadji, Sabu Liae, Seminar dan Pelatihan Pembelajaran Literasi Dasar pada Anak SMPN 2 Sabu Barat, dan SDN Lokojuli, Ngobrol Pendidikan Kontekstual Daring dengan Zoom Meeting bersama aktivis pendidikan, Toto Rahardjo serta

 

Sementara Ramdhan N.P. Wira U menyampaikan bahwa sejak 31 Agustus 2021 hingga 18 januari 2022, PM mekukan kegiatan, diantara mendapatkan pendampingan dari Salah satu mentor Pengajar Muda, Ayendha. Selain itu Refleksi6 bulan PM berada di Sabu Raijua.

 

Kegiatan selanjutnya menurut dia adalah, Forum Komunikasi Multiaktor di Kelurahan Ledeke, Peresmian Taman Baca Di Hari Alle di Desa Kolorae, Kumpul Penggerak di Kelurahan Mebba,Kunjungan Dinas PKKO, Kunjungan6 DesaPenempatan yakni DesaKolorae, KelurahanLedeke, Desa Tanajawa, Desa Ledeae, Desa Hallapadji, Desa Keliha.

 

Dilanjtkan dengan, Pelatihan Metode Belajar Kreatif (MBK) di SD Katolik Perema, kegiatan Kreta Api2 di SDN Lokojuli, Mini Tembokpedia di SD GMIT Menangado dan SD Negeri Keliha.

 

Pemaparan dilanjutkan oleh PM Gitta Indreswari menyampaikan bahwa PM bersama dengan Penggerakan Pendidikan di Sabu Raijua, melaksanakan kegiatan Pesta Pedidikan Do Hawu (PPDH) yang diselenggarakan mulai taggal 15 hingga 25 November 2021. Dalam rangka merayakan ulang tahun Kabupate nSabu Raijua yang ke-13.

 

Dijelaskannya, PPDH terdiri dari dua rangkaian acara, yaitu Sarai Menginspirasi dan PameranKampus. Terdapat 269 relawan yang mendaftar dan mengikuti kegiatan Sarai menginspirasi.

 

Menurutnya, kegiatan Sarai Menginspirasi merupakan rangkaian kegiatan mengajar dan berbagi pengalaman yang dilakukanoleh relawan profesidi SekolahDasar (SD) dan Taman Baca Masyarakat (TBM) selama satuhari.

 

Sarai menginspirasi dilaksanakan 4 SD dan 2 Taman Baca di 2 Kecamatan diantaranya, SD GMIT Raerobo, SD Inpres Ledemera, Rumah Belajar AMIN, SD Negeri Matei, SD Negeri Tada, Rumah Baca GC3

 

Sementara Pameran Kampus menurut Alumni Universitas Indonesia ini, dilaksanakan di 9 SMA/K di 5 Kecamatan. Kegiatan sosialisasi informasi kampus, beasiswa, fakultas, dan program studi serta pendampingan bagisiswa/iSMA/K kelas 12 untuk meneruskan Pendidikan kejenjang yang lebih tinggi.

 

Dituturkannya, Pameran Kampus dilaksanakan di SMA PGRI Winirai, SMA Negeri 1 Sabu Barat, SMK 2 Sabu Barat, SMK 1 Sabu Barat, SMA Negeri 1 Hawu Mehara, Sekolah Menengah Teologi Kristen (SMTK), Pameran Kampus di SMA Negeri 1 Sabu Tengah, SMA Negeri 1 Liae, SMA Negeri 1 Raijua

 

Disampaikannya, pada tanggal 15-16 Februari2022 dilakukan Training Camp sebaga kegiatanlanjutan, berupa pelatihan yang diperuntukan bagi penggerak Pendidikan di Kabupaten Sabu Raijua, khususnya yang telah berkontribusi pada kegiatan Pesta Pendidikan Do Hawu(PPDH) 2021. Dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan SDM terkait medote berpikirdan keterampilan.

 

Selain itu, kegiatan Saling membersamai, dimana diberikan ruang untuk berkarya bersama di rumah-rumah mereka, diantaranya, Taman Baca Due Nga Donahu, Kolorae English Club (KECE), Rumah Inspirasi, Rumah Baca GC3, Rumah Belajar AMIN, Rumah Baca Di Hari lle.

 

Untuk diketahui, Pengajar Muda (PM) angaktan ke 4 dan merupakan yang terakhir di Sabu Raijua, Iksan dari Luwu, Sulawesi Selatan, Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris, alumni Institut Agama Islam Negeri Palopo ditempatkan di SDN Lokojuli, Desa Kolorae, Raijua. Ramdhan N.P. Wira U dari Jepara, Jawa Tengah, Sarjana Pendidikan Biologi, alumni Universitas Muhammadiyah Malang, ditempatkan di SDN L edeke 2, Kelurahan Ledeke, Raijua.

 

Romarta P. H utagalung dari Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Sarjana Pendidikan Bahasa Prancis, alumni Universitas Negeri Medan dan ditempatkan di SDK Perema, Desa Tanajawa, Hawu Mehara. M. S yarif Rizka H dari Gresik, Jawa Timur, Sarjana Pendidikan Kewarganegaraan, alumni Universitas Negeri Malang dan ditempatkan di SDN L obolauw, Desa Ledeae, Hawu Mehara

 

Laudy Laura Octavia dari Banjarnegara, Jawa Tengah, Sarjana Agroteknologi, alumni Universitas Jendral Soedirman, ditempatkan di SD GMIT Menangado, Desa Hallapadji, Sabu Liae. Gitta Indreswari dari Jakarta Barat, DKI Jakarta, Sarjana Matematika, alumni Universitas Indonesia dan ditempatkan di SDN Keliha, Desa Keliha, Sabu Timur. (R-2)