12.101 peserta SBMPTN mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer

Plt. Kepala Biro Perencanaan, Kerja Sama Dan Humas Undana, Imanuel Saduk, SH. M. Hum

Kupang, Pelopor9.com - Sebanyak 12.101 peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2022. Yang dibagi dalam dua gelombang, yakni pertama tanggal 17 sampai 23 Mei dan gelombang kedua akan dilaksanakan pada tangga 28 hingga 3 Juni 2022.

 

Pelaksanaan UTBK Gelombang pertama tersebar pada delapan titik antara lain Gedung UPT Pengembangan Teknologi dan Informasi Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran Hewan, Pusat Komputer, UPT Bahasa, Fakultas Sains dan Teknik, serta Politeknik Negeri Kupang, dan Kampus Politeknik Pertanian Negeri Kupang.

 

Serta gelombang kedua, dengan lokasi ujian difokuskan di Politeknik Negeri Kupang dan Politani, dengan frekuensi ujiannya satu sesi sehari. Sementara gelombang pertama berlangsung dua sesi sehari.

 

“ Ada 12.101 orang yang daftar melalui jalur SBMPTN dan hari ini gelombang pertama mulai UTBK sampai dengan tanggal 23 Mei mendatang. Sementara tahap kedua akan dimulai pada tanggal 28 Mei sampai dengan 3 Juni mendatang, "Plt. Wakil Rektor  Bidang Akademik, Dr. Siprianus Suban Garak kepada media ini, Selasa (17/5/22).

 

 

Dikatakannya, peserta yang dinyatakan lolos UTBK-SMBPTN akan langsung ditempatkan pada Universitas sesuai dengan Faultas dan Jurusan yang dilamar. Sebab tidak ada lagi proses atau tahapan wawancara.

 

“kita tidak ada lagi tes wawancara. kita Terima nama-nama mereka yang lolos UTBK saja baru kasih masuk ke Universitas sesuai fakultas dan jurusan yang mereka ambil” jelasnya.

 

Terpisah, sekretaris UTBK, Imanuel Saduk, menyampaikan UTBK SBMPTN 2022 pada hari pertama tidak kendala sehingga semua UTBK proses berjalan dengan lancer. Dengan rincian Daya Tampung (DT) Undana tahun 2022 sebanyak 6.814 orang sesuai kebijakan yang sudah ditetapkan Undana.

 

“Untuk SNMPTN sendiri dibutuhkan 1.699 orang dan hasilnya sudah diumumkan. Sementara Kebutuhan SBMPTN sebanyak 3.027 orang dan Jalur mandiri 2.043 orang. Jadi Undana membutuhkan 6.814 orang mahasiswa baru untuk tahun 2022 ini, "Jelas Plt. Kepala Biro Perencanaan, Kerja Sama Dan Humas Undana ini. (R-2/jom)