Kunjungi Sekolah, Bupati Malaka Tantang Guru Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H.,M.H, saat kunjungi salah satu sekolah

Malaka, Pelopor9.com - Berbagai terobosan program dan aksi konkrit dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Malaka. Selain menggelontorkan ribuan Program Kartu Malaka Cerdas (KMC), Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H.,M.H berkunjung ke sekolah-sekolah untuk memotivasi para siswa dan guru agar disiplin belajar.

 

Aksi konkrit Bupati Simon telah ditunjukkan di awal masa kepemimpinan bersama Louise Lucky Taolin, S. Sos, Wakil Bupati Malaka untuk membantu para siswa dan mahasiswa dalam pendidikan. Di awal Tahun Pelajaran 2022/2023, Bupati Simon bahkan menantang para guru dan penyelenggara satuan kerja untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

 

"Saya minta kepada para guru untuk berpikir keras bagaimana caranya sehingga kualitas dan akreditasi guru dan siswa semakin meningkat. Tidak boleh tinggal diam tapi harus punya rasa memiliki yang besar dan tentunya kerja sama yang kondusif," kata Bupati Malaka saat melakukan kunjungan dan pertemuan dengan para guru di SDK Solo, awal pekan ini.

 

Dikatakan, penyelenggara pendidikan dan warga sekolah umumnya harus tampil prima untuk memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Malaka sebagai daerah perbatasan.

 

"Karena, pendidikan menjadi satu kekuatan besar, yang dapat memberikan kontribusi bagi daerah ini, baik dari sisi pemerintahan maupun pembangunan dan kemasyarakatan," Bupati Simon menjelaskan alasannya.

 

Untuk itu, Bupati Simon berharap agar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Malaka menggelar pertemuan berkala dengan para guru dan kepala sekolah.

 

"Saya ingin mendapat berbagai masukkan dari para guru, juga terkait persoalan-persoalan yang terjadi sehingga kita bisa cari solusinya. Hal yang akan kita bahas yakni tentang kesejahteraan dan strategi untuk bersaing dengan daerah lain. Hal ini kita lalukan demi kebaikan daerah yang kita cintai," kata Bupati Simon.

 

Terpisah Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Dikbud Malaka, Yohanes Klau, S.Ip.,M.M mengatakan terobosan dan kegiatan untuk mendukung program pendidikan Bupati dan Wakil Bupati Malaka terus dilakukan selama ini.

"Mulai dari disiplin pegawai dan pelayanan Dinas sampai kita turun ke sekolah-sekolah untuk memantau berjalannya kegiatan belajar-mengajar (KBM)," kata Yohanes.

 

Dijelaskan, pertemuan berkala dilakukan bersama para kepala sekolah SD dan SMP yang disebut Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).

 

"Kunjungan ke sekolah, bahkan menyempatkan diri untuk bertemu siswa di beberapa sekolah dilakukan. Ini bertujuan memberi bimbingan belajar. Sedangkan, terkait Program KMC, sekitar 4.005 KMC disalurkan. Dan sudah kita lakukan tahap pertama," jelas Yohanes.

 

Penyalurkan bantuan Program KMC dilakukan langsung ke rekening siswa penerima bantuan. "Ini tentu kita percepat lagi tahap berikutnya supaya para siswa bisa menggunakan di awal tahun pelajaran ini. Berkaitan dengan nasib siswa, kita tidak boleh menunda," tukasnya.(R-2/**)