Bersama Tiga Pimpinan OPD Pj Sekda Malaka Buka Acara Pentas Tarian Budaya

Malaka, Pelopor9.com - Bersama tiga pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Malaka masing-masing Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Yohanes Klau, S.Ip.,M.M, Aloysius Werang, S.H.,M.M, Kaban Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah, dan Kadis Perhubungan, Ferdinand Un Muti, S.Hut.,M.Si, Penjabat Sekda Malaka, Silvester Letto, S.H.,M.H membuka acara pentas tarian budaya dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Kabupaten Malaka.

 

Dalam sambutannya saat membuka acara pentas tarian budaya di pangggung Lapangan Umum Betun, Jumat (12/8/22) petang, Silvester mengatakan pentas tarian budaya dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-17 untuk menanamkan nilai-nilai luhur perjuangan bangsa melalui wadah pembinaan kreativitas seni budaya demi memperkokoh budaya nasional.

 

Silvester menyebutkan tujuan pentas tarian budaya seperti memberi wadah kepada masyarakat untuk meningkatkan kreativitas seni dan budaya dalam mengisi kemerdekaan, mengembangkan kepercayaan diri dan kepribadian siswa secara optimal melalui seni tari, meningkatkan apresiasi dan pemahaman siswa terhadap budaya bangsa.

 

Selain itu, kata Silvester menumbuhkan pengetahuan siswa terhadap seni tari akan bentuk, isi dan makna sesuai nilai budaya lokal dan nasional. "Dan membina rasa tanggung jawab guru dan siswa dalam kreativitas seni tari," lanjut Silvester.

 

Sementara itu, Plt Kadis Dikbud Malaka, Yohanes Klau, S.Ip.,M.M dalam laporannya mengatakan acara hiburan dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI mencakup pentas tarian budaya, Gong, Bidu, paduan suara, karnaval, tarik tambang, panjat pinang dan konser musik.

 

Dijelaskan, pentas tarian budaya dilaksanakan pada tanggal 12-13 Agustus 2022 pukul 17. 00 Wita. Paduan suara tingkat SMA/SMK akan dilaksanakan pada Senin (15/8/22) sekitar pukul 09.00 Wita. Karnaval akan dilaksanakan pada 16 Agustus pukul 14. 00 Wita. Tarik tambang dilaksanakan pada 15-17 Agustus pukul 15. 00 Wita. Panjat pinang dilaksanakan pada 17 Agustus usai peringatan HUT Kemerdekaan dan Konser Musik Mahasiswa Universitas Widya Mandira Kupang pada 18 Agustus pukul 18. 00 Wita. (R-2/**)