Sumbang 47 Kantong Darah, Teman Jeriko Apresiasi Jiwa kemanusiaan Masyarakat Kota Kupang

Salah Satu Calon Pendonor Darah Sementara Diinterviuw Petugas, Foto: PKP

Kupang, Pelopor9.com -  Relawan politik Jefirstson R. Riwu Kore atau Teman Jeriko menggelar aksi donor darah dan berhasil menyumbangkan 47 kantong darah, Selasa (16/8/22)  dari pukul 08.00 sampai 12.00 Wita, di Posko Jeriko, Jalan Samratulangi II no 2, Kelapa Lima, Kota Kupang.

 

Ketua Teman Jeriko, Yan Piter Lilo mengatakan bahwa, giat donor darah ini juga sebagai bentuk peduli kemanusiaan dan juga dalam memperingati HUT RI ke-77 tahun 2022.

 

“Kami melakukan ini satu napas dengan tema HUT RI ke-77, yakni pulih lebih cepat  bangkit lebih kuat,” kata Yan dalam rilis yang diterima redaksi.

 

Ia juga mengapresiasi warga dari berbagai golongan yang ikut menyukseskan giat itu. Dimana, antusias sejak pagi terdapat para pegiat Ojek Online dan warga sipil bahkan ASN yang ikut hadir, karena mengetahui dari brosur digital yang tersebar di media sosial.

 

“Antusias cukup banyak dari kalangan warga, kami apresiasi karena kesadaraan dan solidaritas kemanusiaan tumbuh subur di kota tercinta ini,” ungkapnya.

 

Lanjutnya, Teman Jeriko, menampilkan kegiatan berbeda dengan giat sebelumnya, yakni ajakan untuk mengumpulkan dukungan KTP untuk Wali Kota Jefri Riwu Kore kembali maju dalam Pilwalkot 2024, donor darah juga dilakukan sebagai bentuk mendukung pemulihan bangsa pasca Pandemi Covid-19.

 

Sementara, Camat Kelapa Lima, I Wayan Astawa yang juga hadir untuk mendonorkan darahnya, memberikan apresiasi atas giat yang diinisiasi Teman Jeriko. Pasalnya, giat kali ini sangat positif dan merupakan aksi peduli kemanusiaan.

 

Ia berharap, dari gerakan-gerakan kecil seperti yang dilakukan Teman Jeriko, bisa memberikan pengaruh terhadap masyarakat agar dapat menyumbangkan setetes darahnya bagi warga lain yang sangat membutuhkan.

 

“Kita harap ini bisa berlanjut terus, ada aksi donor darah ini sebagai sumbangsih bagi bangsa kita,” pungkanya.

 

Untuk diketahui, 47 kantong darang yang berhasil dihimpun adalah 20 kantong untuk golongan darah O, 9 kantong untuk golongan darah A, 17 kantong untuk golongan darah B, dan 1 kantong untuk golongan darah AB.

 

Dalam kegiatan tersebut tampak antusias masyarakat, baik dari warga sipil, para karyawan swasta dan pegawai pemerintahan. Sebagian diantaranya tidak memenuhi syarat untuk mendonorkan darah karena HB rendah ataupun tekanan darah tinggi. (R-1/*).