Lestarikan Budaya Sabu Raijua, Yayasan Ammu Hawu Siap Luncurkan Museum Digital dan Website

Dok. Pribadi, Lodimeda Kini

Menia, Pelopor9.com - Dalam rangka melestarikan budaya Sabu Raijua, Yayasan  Ammu Hawu mandiri akan meluncurkan Museum Digital Ammu Hawu  serta website Ammu Hawu.com, pada Sabtu 12 Agustus mendatang di Aula SMA Negeri 2 Sabu Barat, Desa Raenyale, Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua, Propinsi Nusa Tenggara Timur.

 

Pelestarian budaya itu melalui pendokumentasian berbagai aspek kehidupan orang Sabu beserta perubahannya dari waktu ke waktu, yang menggabungkan penelitian, seni dan komunikasi sains.  

 

"Kita akan membagikan Budaya Sabu Raijua dalam tiga ruang koleksi utama yaitu ruang pertama tentang kelahiran dan permulaan, ruang kedua tentang kehidupan dan pertalian, ruang ketiga tentang kematian dan perjalanan", kata Founder museum digital Ammu Hawu , Lodimeda Kini, Senin (07/08/2023) melalui pesan WhatsApp.

 

Dikatakan wanita yang berprofesi sebagai peneliti itu, Museum Digital Ammuhawu.com dapat meletakkan batu pertamanya, berkat dukungan dari IVAA melalui program Ephemera#3, SkolMus, Komunitas Generasi Peduli Sesama (GPS) Sabu Raijua, kedua Maestro penutur sejarah lisan Weo Ratu dan Ice Tede Dara, dan para Sahabat Museum yang telah berkontribusi.

 

"Dalam kegiatan nanti kita juga akan melakukan Bincang Cerita Rakyat bertajuk Hegai Ama Hebboro Appu (Pusaka untuk anak-cucu) yang diikuti dengan pameran karya, pembacaan cerita mitologi oleh anak-anak dan remaja, serta diskusi",terang wanita yang pernah menjadi inspirator dalam kegiatan Kelas Inspirasi Kitong Sarai Tahun 2016 itu.

 

Kegiatan Bincang Cerita Rakyat akan menghadirkan tiga narasumber diantaranya Jefrison Hariyanto Fernando sebagai Pegiat Budaya dari Komunitas Generasi Peduli Sesama (GPS), Fransisco Yakob sebagai seorang peneliti dan pegiat budaya serta peneliti di Yayasan ammu Hawu Mandiri.

 

Dirinya mengajak para generasi muda Sabu Raijua,  untuk bisa mengikuti acara tersebut dan saling berbagi ilmu pengetahuan tentang adat dan budaya orang Sabu Raijua

 

Untuk diketahui bahwa Ammu Hawu Mandiri merupakan salah satu yayasan yang terbentuk sejak 13 Agustus 2021 yang bergerak di bidang Pengarsipan, Penelitian, Kuratorial Seni Media, dan Komunikasi Sains. (R-1/*tim)