Jack Lawa Rohi Wakili Masyarakat adat Sabu Raijua Bahas Amdal Budaya di Jakarta

Pose Bersama Peserta Kegiatan, Foto: Istimewa

Jakarta, Pelopor9.com - Jakob Haba Lawa alias Jack Lawa Rohi mewakili masyarakat adat Sabu Raijua untuk mengikuti Workshop dan Seminar Nasional bertajuk 'Kajian Analisis Mengenai Dampak Lingkungan dan Budaya (Amdal Budaya)' di Jakarta.

 

Kegiatan yang digagas oleh Asosiasi Tradisi Lisan (ATL) bersama Lembaga Strategi Pemberdayaan Masyarakat dan Budaya (Lemsrada)  berlangsung selama dua hari di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia (UI), Senin (06/05/2024)

 

Kegiatan dengan peserta dari berbagai daerah menghadirkan para pakar.

 

Jack kepada media mengatakan bahwa kegiatan sangat penting karena membuka ruang keterlibatan masyarakat adat dalam setiap pembangunan. Dimana setiap kebijakan selalu memperhatikan kepentingan masyarakat adat.

 

"Amdal Budaya sangat membantu masyarakat adat karena semua pembangunan harus mengutamakan aspek perlindungan budaya dan kearifan lokal yang ada dalam masyarakat adat", katanya, Rabu (08/05/2024).

 

Dikatakan, selama ini kebijakan pemerintah masih minim memperhatikan dampak budaya dalam setiap pembangunan. Melalui kegiatan tersebut dirinya juga mempromosikan kebudayaan masyarakat Sabu Raijua.

 

"Isu menarik yang dibahas yaitu terkait aktivitas pembangunan mulai dari tingkat pusat hingga daerah yang sering kali tidak memperhatikan Amdal Budaya", katanya . (R-1/tim)